Tag

,

modem hspda mf622 keluaran zte yang dibundle dalam paket penjualan indosat m2 sempat membuat aku harus menghabiskan waktu setengah hari berkutat dengannya. modem bikinan china ini ngambek nggak mau dikenalkan pada mesin windows xp profesional sp2 berlisensi oem. sebab pastinya belum tahu, soalnya di mesin lain baik desktop maupun notebook ber-os windows xp prof tidak jadi masalah.

untung saja paman google begitu baik, ternyata tidak aku saja yang mengalami hal ini. salah satunya om yang ini. kejadiannya tidak sama persis tapi setidaknya dia memberikan inspirasi bagiku.

gejala yang timbul pertama kali adalah modem ini tidak autoplay begitu connector usb dicolokkan. sudah dicek bahwa kondisi pc masih default, tidak ada modifikasi baik di registry ataupun group policy. seharusnya pc merespon dengan menjalankan autorun software installasi modem. di sini modem justru dikenali sebagai mass storage dan melakukan installasi driver yang diperlukan. sesaat kemudian sistem memunculkan drive letter sebagai hasil mounting device.

setelah itu sebelum berbuat apa-apa, sistem mengenali ada 3 device baru sebagai data interface, kemudian sistem berusaha mencari driver namun tidak berhasil. hardware wizard berhenti menunggu input user letak driver yang dimaksud. sewaktu di arahkan ke drive usb, gagal.

mentok. aku remove semua device yang barusan terinstall. unplug modem. ulangi dari awal. namun kejadian selanjutnya lebih aneh, modem dikenali sebagai mass storage dan muncul cdrom drive baru. setelah itu selesai.

langkah selanjutnya aku disable semua device baru itu dan unplug modem. begitu plug usb, eh sistem mengenali sebagai mass storage namun kemudian muncul inisialisasi 3 device baru, data interface. sistem berhasil memasang driver yang sesuai dan kemudian terlihat muncul device lain yaitu zte proprietary usb modem, zte diagnosic interface, dan zte nmea device. selanjutnya sistem langsung menjalankan (autorun) instalasi driver modem. setelah kelar di device manager hanya nongol satu device baru, zte proprietary usb modem. horeee!

user interface utility bawaan modem kemudian mengenali modem terkoneksi dan memunculkan nama provider “isat” dan signal strenght.

langkah selanjutnya adalah setting konfigurasi apn indosat sesuai petunjuk. dan terakhir klik connect. ding…masuk tuh ke jaringan indosat.

namun karena masih penasaran, kucoba disconnect, unplug modem, dan restart pc. eh percobaan kedua berhasil dengan mulus, alias autorun jalan dengan memunculkan user interface utility modem.

jadi kuncinya, kalau gagal segera disable semua device baru yang salah install. unplug modem, dan ulangi dari awal.

About these ads