Berawal dari kerepotan saya memasukkan 26 email address bapak – bapak warga rembrandt ke dalam address book saya, timbulah ide itu. Lha kenapa tidak bikin group milis saja ya? Dengan adanya satu wadah yang menampung sekian warga rembrandt lengkap dengan email address, setiap kali ada orang baru yang bermaksud bergabung, tidak perlu lagi melakukan apa yang saya anggap wasting the time. Memasukkan email address 20-an orang bukan pekerjaan susah sebenarnya, hanya saja memakan waktu, terlebih bila dilakukan dengan koneksi internet dial up di rumah.

Pemikiran kedua, mahalnya sewa bandwidth. Tidak semua warga komunitas mendapat fasilitas internet dari perusahaan. Ini berarti, akses internet harus dilakukan dari rumah ataupun warung internet. Yang berdampak pada keluarnya biaya ekstra. Karena biaya akses internet berbanding lurus dengan waktu akses maka diperlukan trik dan tips untuk upaya penghematan.

Menggunakan fasilitas gratis dari Yahoo, berupa Yahoogroups, berbagi artikel, foto, dan berita lain dapat disampaikan secara serentak ke sejumlah anggota milis yang terdaftar dengan hanya mempergunakan sebuah email client berbasis POP3 seperti outlook express, microsoft outlook, evolution, thunderbird, dsb. Lantas di mana sisi penghematan yang bisa dilakukan bila kita mempergunakan milis?

Yang pertama, jelas. Dengan mempergunakan yahoogroups, setiap postingan hanya perlu dilakukan ke satu alamat email, yaitu alamat group. Pengiriman email ini tidak harus dilakukan dengan mempergunakan interface web Yahoo. Cukup gunakan layanan email gratis berbasis pop3 dari berbagai ISP ataupun pihak lain. Apabila anda lakukan searching di google dengan keyword “free pop3 email” niscaya akan muncul ratusan ribu hingga jutaan tawaran dari berbagai belahan dunia. Penggunan pop3 email client akan sangat menghemat waktu akses dan bandwidth karena kita tidak perlu melakukan koneksi terus menerus untuk menampilkan website Yahoo Email.

Yang kedua, dalam hal penerimaan atau download email. Email dengan attachment file ukuran besar akan menyebabkan waktu download yang lama. Ini jelas merupakan pemborosan resource yang tidak perlu. Bagi pengirim file, cukup upload file tersebut ke server Yahoogroups dan postingkan notifikasi kepada anggota mengenai diskripsi file tersebut. Bagi anggota sendiri ada pilihan apakah mau melakukan download file atau tidak.

Kedua penjelasan di atas saya yakin telah sanggup menjawab pertanyaan.

Kesimpulannya, menggunakan internet untuk berbagi ilmu tidak harus mahal dan repot.

Iklan