apakah kita bisa mempergunakan email non yahoo untuk mengakses yahoogroups?

pertanyaan di atas sering aku dapati dari anggota group yang kebetulan aku moderatori. alasannya macem – macem. salah satu di antaranya adalah kebijakan kantor tidak memperbolehkan menggunakan email account kantor untuk berlangganan milis.

untuk menjawab pertanyaan sekaligus memberikan solusi bagi permasalahan di atas, pertama adalah apakah anda sudah memiliki account di yahoo? bila belum segeralah membuatnya sekarang. karena tanpa Yahoo ID anda tidak akan pernah bisa mengakses yahoogroups. kedua, ada baiknya anda tanyakan kepada system administrator kantor anda terlebih dulu, bisakah mengakses yahoogroups dengan menggunakan email account pribadi. mengapa? ada admin yang amat ketat sehingga apapun alasannya, user tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas kantor untuk urusan pribadi. kalo ketemu admin macam ginian, lebih efektif menggunakan social engineering. macam apa itu? deketin tuh admin, kalo mau traktir makan di luar, finally sambil pasang muka memelas, bilang “boss boleh ya pake email pribadiku buat langganan milis yahoo, plissssssssss ?”

nah, kalo urusan traktir selesai. siapkan account email pribadi anda (gmail/hotpop/hotmail atau apapun). dan ikuti langkah – langkah sebagai berikut :

  1. klik alamat yahoogroups anda
  2. masukkan Yahoo ID dan password anda, bukan milik tetangga
  3. cari menu EDIT MEMBERSHIP, dan klik tepat di atasnya, bukan di sebelahnya
  4. klik ADD NEW EMAIL ADDRESS
  5. isikan alamat lengkap email address anda yang non yahoo, klik CONTINUE
  6. kalo server yahoo nggak lagi sibuk atau koneksi internet anda nggak lelet, dalam tempo kurang dari 3 menit sudah ada kiriman email autorespon dari yahoo di mailbox email baru anda.
  7. tengoklah mailbox, cari kiriman email dari yahoo, kalo ada bukalah, bukan di delete.
  8. baca baik – baik isi email tersebut di klik tepat pada tulisan : IMPORTANT bla bla…
  9. sesaat setelah klik, jendela browser anda akan memunculkan halaman web yahoogroups yang telah anda buka tadi, namun pada dropdown list telah muncul email address anda yang baru tadi.
  10. terakhir SAVE CHANGES.

segampang itukah? tentu tidak. kadang saat server yahoo lagi super sibuk, proses nge-link ke yahoogroups gagal. akibatnya email baru yang telah didaftarin tadi gagal diverifikasi oleh yahoo. itu artinya anda belom bisa pake email anda non yahoo untuk terima postingan dari milis yahoogroups, gitu.

trus gimana dong biar sukses? akseslah yahoo di pagi hari sebelum aktifitas kantor dimulai, atau dini hari. karena di jam – jam itu biasanya server yahoo lagi enak – enaknya di ajak ngobrol. ditambah lagi traffic internet di lokal belom padat juga. pokoknya wes ewes ewes ba blas yahoo ne.

tips di atas lancar aku coba di jaringan internet kantor (cbn via kabelvision SOHO 128Kbps).

Iklan