anda saat ini mempunyai anak balita? apakah mereka sudah diajarkan komputer di sekolah (playgroup/tk) ? ingin agar anak anda bisa lebih kenal dengan komputer bahkan jatuh cinta padanya? barangkali tips saya ini berguna bagi anda.

pertama kali anak saya ajak kenal komputer umur 2.2 thn. inipun karena dia udah pengin mau tahu. setiap kali saya duduk di depan komputer desktop, dia selalu minta dipangku. lalu sibuk nanya ini itu. aku usahakan menjawab sesederhana mungkin. dia perhatikan caraku pegang mouse dan mengetik lewat keyboard. lain waktu dia minta giliran pencet tombol – tombol keyboard, lalu aku jalankan openoffice, dan membiarkannya asyik dengan huruf nggak karuan yg muncul di layar. lain hari dia aku ajari cara gunakan mouse untuk click menu – menu di layar. meski terlihat kesulitan menempatkan tangan mungilnya pegang mouse, tapi dia udah mulai bisa menggerakkan mouse ke titik yg diinginkan lalu menekan tombol kiri mouse. awalnya memang harus dengan kesabaran ekstra. tapi nggak lama kok, menu apa yg musti dipilihpun sudah hapal di hari kedua.

laen hari aku ajari cara matiin komputer dengan benar. lho nyalainnya gimana? ternyata dia perhatikan caraku nyalain selama ini. alhasil dia bisa nyalain komputer tanpa aku ajari, selama UPS dalam kondisi standby. cukup tekan tombol power di kotak CPU. ah ternyata perhatian juga anakku. lalu kukenalkan menu/icon SHUT DOWN, sambil tentu saja bilang kalo cara matiin komputer beda dengan matiin tipi. beri pengertian secukupnya.

setelah lancar maen keyboard dan mouse, laen hari aku kenalkan anakku dengan TuxPaint. salah satu software education khusus untuk anak usia 3 – 6 thn. dengannya anak – anak bisa bebas berkreasi membuat gambar – gambar indah. TuxPaint bisa didapat dengan cara unduh (download) langsung di situsnya. dibuat untuk platform windows dan linux. gratis!

aku ajari cara pakai TuxPaint, ada stempel bergambar lucu – lucu, ada magic tool, dan dilengkapi dengan suara yang keluar saat kita klik satu gambar/ikon. software ini sangat lengkap untuk memberikan kebebasan anak dalam berkreasi. sangat mudah digunakan. dan saya jamin anak anda akan betah. apabila diinginkan, kita dapat print hasil kreasi anak dan dibingkai untuk kenangan.

selain TuxPain, masih banyak software yang didesain untuk pendidikan anak, contohnya TuxTyping dan TuxMath. keduanya telah tersedia di paket ubuntu, meskipun kita tetap memerlukan koneksi internet untuk update dan memasangnya di sistem ubuntu.

TuxTyping dan TuxMath barangkali lebih cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas atau bagi mereka yang sudah mengenal angka dan huruf dengan baik. software ini berbentuk game, jadi menggabungkan antara ilmu dengan ketrampilan. yang paling menggembirakan, keduanya disediakan secara gratis. anda cukup membayar akses internet untuk mendapatkannya.

agar anak cepet belajar, berikan kepercayaan penuh kepada balita anda untuk mencoba mempraktekkan langsung apa yang anda ajarkan. jangan takut komputer anda rusak. selama anda telah memberikan pengertian kepada anak, mana yang boleh dan tidak untuk dilakukan, saya rasa anak akan mengerti.

oh ya, satu tips lagi, jangan taruh file kerjaan di hardisk system, anda bisa taruh di usbflash atau media lain. jadi anda nggak khawatir apabila komputer anda crash setelah diobok – obok anak anda. cara yang saya pakai adalah menggunakan usbflash dan external hardisk.

pengalaman menunjukkan, penggunaan Linux lebih aman dari system crash dibandingkan dengan Windows. selama ini adhitya lebih sering menggunakan Ubuntu yang saya pasang di notebook. tidak pernah sekalipun crash. paling banter icon atau pulldown menu jadi berantakan akibat ditarik sana sini. memang sistem kerja Linux sangat beda dibanding Windows.

sekarang ini anakku, adhitya (2thn,10bln), aku biarkan bermain dan berkreasi di depan komputer. aku cukup mendamping atau tiduran disebelahnya, tapi seringnya sih justru ketiduran dan baru bangun kalo adhitya protes lantaran aku nggak ngejawab waktu dia ajak ngobrol.

memberikan anak bekal pengetahuan komputasi melalui software pendidikan seperti di atas, aku yakin jauh memberikan manfaat dibandingkan dengan membiarkan anak bermain ps atau game – game yang mengumbar kekerasan yang mustinya diperuntukkan untuk usia 13th ke atas.

do you agree?

