sabtu ini, kami RCC kembali mengeksplore trek panongan – takara padang golf pp. sebenarnya kami berencana akan mencoba trek JPG (jalur pipa gas) serpong, namun berhubung adanya informasi bahwa semalam hujan turun deras di serpong, bisa dipastikan bahwa trek akan susah dilewati.

bersembilan, kami mulai genjot jam 6.20, agak kesiangan sih. tapi apa boleh buat, satu anggota terlambat bangun.

kondisi trek kering, kontur tanah naik turun dengan sudut yang tidak terlampau besar. perbandingan on road : off road = 30 : 70 dengan catatan trek aspal rusak masuk kategori off road. total jarak 23 km. salah satu daya tarik trek ini adalah lokasinya yang bener – bener masih di dalam pemukiman penduduk asli desa. selain itu, hawa segar pedesaan seakan menjadi obat penawar paru – paru kotor kita. bagi yang ingin melepas lelah telah tersedia warung makan lengkap di tengah perjalanan. peyek udang dan kadang puyuh goreng sangat enak sebagai sarapan.

trek ini merupakan trek hasil explorasi kami bulan kemaren. hasil dari iseng tanya penduduk sekitar. lucunya, setiap kali kami tanya arah mereka selalu bilang, di sana nggak ada jalan tembus, adanya sawah atau sungai. dan kami pun menjawab serentak, nah itu yang kami cari.

yang berminat untuk turun ke desa, trek ini rasanya tidak terlalu mengecewakan.

Iklan