dua hari ini aku lagi asyik desain topology dan teknologi LAN yang akan kami pakai di proyek baru kami.

ada keasyikan tersendiri tatkala aku melakukan pilihan topologi dan teknology dengan mempertimbangkan skala kebutuhan perusahaan kami. harus pas antara kebutuhan dan dana yang tersedia. pada kenyataannya, selalu tidak seimbang antara tingkat kebutuhan dan dana. sebagai contoh : aplikasi yang dipakai nanti adalah ERP berbasis web (windows base) dan lokasi client tersebar di berbagai titik yang memiliki jarak terjauh 700-an meter. lingkungan pabrik pasti memiliki risiko interferen dengan mesin – mesin industri yang segede gaban. apa jawaban untuk kondisi seperti ini? 99% menjawab : fiber optic!

fiber optic adalah jawaban yang masuk akal bagi kita para profesional IT. namun bisa jadi solusi yang menyesakkan dada para pemegang uang, alias boss kita. akan tergambar di kepala mereka investasi ribuan dollar hanya untuk backbone network, belum server, client, plus lisensi software.

sudah menjadi tugasku untuk menyakinkan bahwa investasi backbone fiber optic tidak selalu mahal. total cost ownership bisa jadi lebih murah ketika dibandingkan dengan menggunakan kabel UTP atau bahkan wireless lan sekalipun. ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan ketika menentukan pilihan :

  • kemungkinan adanya inteferent dengan equipment lain
  • jarak yang di luar kemampuan media
  • life span produk
  • kerapihan dan kemudahan instalasi
  • kebutuhan bandwidth sekarang dan masa depan

setidaknya lima hal di atas patut dipertimbangkan dan diperjelas untuk mendapatkan justifikasi mengapa harus menggunakan fiber optic.

memberikan penjelasan yang mudah untuk dimengerti oleh top manajemen merupakan hal lain yang justru terkadang lebih sulit dibanding implementasi desain itu sendiri. pilihan penggunaan istilah dan tata bahasa yang mudah bagi orang awam adalah tantangan tersendiri. terkadang orang IT yang memiliki background teknik memiliki hambatan untuk melakukan hal itu. beruntunglah diriku yang sejak awal kuliah telah mengenal kata management dan marketing. tinggal mix and match jadilah proposal.

ok. besok finalisasi proposal. wish me luck ya.

Iklan