baru kali ini banjir terjadi di depan kampoengku. air meluap dari parit besar pinggir jalan. nggak sanggup lagi menampung air ujan yang turun seharian kemaren. sebenarnya setiap cluster telah memiliki gorong – gorong/ parit yang cukup besar, namun kemungkinan besar saluran buangan ke luar kompleks belum seluruhnya tersambung sempurna.

danau yang berfungsi sebagai cadangan air tanah, telah kewalahan menampung air. permukaan air rata dengan jalan. barangkali kalo hari ini ujan lagi, dipastikan jalan utama ke arah kompleks akan terendam air. untuk diketahui, dalam kompleks kami setidaknya ada 4 danau buatan yang difungsikan untuk penampungan air ujan. kemaren dua di antaranya terlihat penuh, dua lagi tidak terlihat karena memang letaknya jauh di belakang.

cluster kami tergolong masih baru, gorong – gorong belum tidak mengalami banyak endapan ataupun sampah. air lancar mengalir ke luar cluster. namun karena saluran buang ke luar terlihat penuh, air tertahan. dan lama – lama penuh juga.

walhasil sore dan malam itu, beberapa di antara kami ronda di ujung jalan masuk cluster, memantau pergerakan air di saluran buang yang sudah penuh air dan mulai luber ke jalan. sementara ujan turun rintik – rintik. ehm…jadi teringat waktu kecil nih.

kurang lebih pukul setengah sepuluh malam, kami membubarkan diri. mengingat air mulai surut, lancar mengalir ke luar kompleks.

malam pun berlanjut, ujan masih turun malu – malu. kami pun tidur. namun barangkali lebih baik kelonan karena udara memang cukup dingin. asyik.

Iklan