sewaktu jalan masuk kompleks rumah tergenang banjir sampe setinggi ban bus, kami anggota RCC coba melihat lebih dekat ke sumber air dan memantau pergerakan air.

berdelapan kami menembus genangan air. di beberapa lokasi, ban sepeda tenggelam lebih dari separuh. kami menyusuri kompleks perumahan. melihat dari dekat kemana air mengalir. sekaligus memastikan air tidak tambah tinggi.

menembus banjir dengan hussar memang mantab. serasa naek sepeda air. selagi semua kendaraan bermotor dari yang murah mpe mahal ngeper, dengan sepeda sih libas semua, asal bukan nyemplung sungai yang lagi banjir. kalo sudah begini, memang benar kalo dikatakan sepeda sebagai kendaraan alternatif untuk menembus kemacetan dan banjir. bebas polusi dan bebas beli bbm.

kurang apa hayo? ayo – ayo beli sepeda gih sono.

jam dua-an, kami kembali ke rumah masing – masing setelah memastikan bahwa manajemen kota telah bertindak tepat. melakukan sudetan ke arah sungai agar air di dalam kompleks lebih cepat keluar. dengan backhoe dan buldozer mereka bekerja cepat.

asal tahu saja, air yang masuk ke kompleks adalah air luapan dari danau buatan sebagai sarana resapan air hujan dan sekaligus cadangan air di musim kemarau. dengan tingginya curah hujan menyebabkan air meluber keluar memenuhi parit dan akhirnya meluap sampai ke jalan. entah apa pikiran para insinyur tata kotanya saat membuat danau ini sehingga tidak lupa mengantisipasi luberan air dengan membuat saluran buangan langsung ke sungai. barangkali setelah peristiwa ini, mereka baru tersadar bahwa danau mereka kurang dalam atau perlu dibuat saluran buang ke sungai terdekat.

kembali ke laptooooop…!

sesampai di rumah, aku segera mencuci si hussar dengan air bersih. semprot di sana sini untuk memastikan tidak ada sisa air kotor masuk ke sela – sela komponen sepeda. selesai dicuci, lap pake kain kering, kemudian tunggu sampe benar – benar kering. sore hari, menjelang maghrib, aku semprot rante sepeda dan semua komponen drivetrain dengan pelumas khusus. beres deh.

begitulah ceritanya, wisata banjir menggunakan hussar si sepeda air.

Iklan