setelah sekian lama aku menggunakan yahoopops untuk akses webmail yahoo.com di mail client thunderbird, kemaren aku coba menggunakan extension thunderbird yang mirip dengan kerja yahoopops. nama extention tersebut adalah WebMail.

langkah pertama, unduh extension yang diperlukan sesuai petunjuk di website. minimal anda harus unduh dua extension. satu WebMail, kedua extension sesuai webmail yang anda langgani. saat ini WebMail mendukung 7 webmail gratisan : hotmail, yahoo, gmail, lycos, maildotcom, libero dan aol.

langkah kedua, installasi ke dalam thunderbird. caranya buka menu : tools – extensions – install. arahkan ke folder di mana anda simpan file *.xpi yang telah diunduh tadi. pertama pilih dulu file extension web-mail-1-0-15-2.xpi. kemudian restart thunderbird. lakukan langkah yang sama untuk extension webmail yang kedua. karena aku menggunakan yahoo.com maka extension yang aku unduh adalah yahoo-1-1-15.xpi. setelah itu jangan lupa restart thunderbird.

langkah selanjutnya adalah konfigurasi email account di thunderbird. seperti biasa, buat account baru di thunderbird, gunakan saja wizard yang telah build-in. caranya : tools – account settings – add account. paramater yang harus diisi adalah sebagai berikut :

  • username : name@abcd.com (sesuai email account anda) -> hrs pake domain
  • server type : POP
  • incoming server : localhost
  • smtp/ outgoing server : localhost
  • username smtp server : sama di atas

setelah sukses, agar lebih nikmat anda bisa lakukan perubahan beberapa konfigurasi di thunderbird agar sesuai dengan kondisi jaringan anda. misalkan rubah definisi timeout connection menjadi 90 atau 120 seconds agar sewaktu download attachment dari email tidak putus di tengah jalan. atau bisa juga gunakan format penulisan plain text agar lebih cepat dan ringan. dan segala pengaturan lainnya. silakan dicoba.

setelah aku bandingan dengan yahoopops, extension WebMail ini terasa lebih cepat. tingkat kegagalan koneksi menjadi sangat minimal. dulu pada saat menggunakan yahoopops, masih sering timeout padahal isian timeout connection udah dicoba – coba. kelihatannya saat ini sudah layak dan sepantasnya aku tinggalkan YPops!

Iklan