Tag

, ,

salah satu alasan utama banyak orang atau kantor migrasi dari microsoft office ke Open Office adalah masalah lisensi. harga lisensi ms office yang berkisar us$360/pc (may’07) tentu saja bukan jumlah yang sedikit, even bagi perusahaan besar tapi pelit sekalipun. tulisan ini sekaligus melengkapi tulisanku sebelumnya.

sebelum memutuskan migrasi ke open office diperlukan kejelian tertentu agar bisa melalui proses yang melelahkan ini dengan lancar. tips migrasi yang coba aku tulis di sini berdasarkan pengalaman nyata selama kantor pusat memutuskan migrasi ke openoffice. meskipun saat ini belum seluruh pc di lingkungan kantor telah sukses melakukan migrasi, semoga tips migrasi ke openoffice ini bermanfaat untuk anda.

tips migrasi pertama, anda sebagai leader harus sudah menggunakan openoffice. anda harus memiliki tim tangguh yang rela overtime untuk mencoba, mencoba, dan mencoba openoffice untuk menghasilkan berbagai macam dokumen yang sering dipergunakan di lingkungan kantor. mintalah beberapa contoh dokumen ini dari berbagai departement/bagian di kantor anda. pada umumnya dokumen dari financial – accounting, produksi, dan ppic memiliki kompleksitas di atas rata – rata.

tips migrasi kedua, berikan paparan kepada seluruh top manajemen akan seluruh aspek risiko (cost, waktu, dll) yang mungkin timbul dengan adanya proses migrasi ini. drive agar top manajemen memberikan pengumuman atau apapun bentuknya sebagai pegangan hukum departement teknis (it) untuk melakukan proses migrasi.

tips migrasi ketiga, libatkan departemen HR selama proses migrasi. lakukan sosialisasi tujuan dan pentingnya penggunaan openoffice. selama proses ini, sangat perlu untuk menggunakan materi presentasi berupa demo penggunaan openoffice. yakinkan audience bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, seluruh dokumen lama pasti bisa dibaca oleh openoffice. jangan lupa pula tunjukkan keunggulan – keunggulan openoffice yang tidak dimiliki oleh ms office.
tips migrasi keempat, buatlah time table dan strategi migrasi agar semua pihak yakin dan mengerti kapan harus mengeluarkan ekstra waktu dan pikiran. berkaitan dengan strategi migrasi, buatlah list seluruh pc yang terdapat di dalam kantor, filtering semua pc yang layak diinstall openoffice. ingatlah bahwa setiap user tidak akan suka berlama – lama menunggu proses loading SATU aplikasi saat mengejar deadline. ingatlah bahwa disarankan menggunakan pc pentium 4 dan ram setidaknya 256mb (apabila OS winXP) agar working time tidak tersita terlalu banyak hanya untuk memelototi proses loading openoffice. ingatlah bahwa user musti harus melakukan penyesuaian yang juga perlu waktu yang bervariasi. user akan patah arang untuk belajar manakala mendapatkan kesan pertama bahwa aplikasi openoffice sangat lambat.

tips migrasi kelima, selalu update informasi melalui internet dan komunitas opensource untuk mendapatkan informasi adanya bug dan issue teknis lainnya. hal ini akan sangat berguna untuk memberikan solusi yang tepat bagi pengguna baru.

tips migrasi keenam, jangan pernah menginstall openoffice dan ms office di satu pc. apabila perusahaan telah menetapkan migrasi ke openoffice, segala rintangan harus ditempuh, never give up. user HARUS dipaksa untuk menggunakan openoffice. ingatlah bahwa openoffice lahir dengan melalui jalan yang sangat panjang. cikal bakal openoffice adalah aplikasi wordprocessor berbasis DOS, StarOffice dirilis tahun 1985. kode – kode yang menyusun openoffice pastilah sudah banyak mengakomodasikan kepentingan berbagai pakar office suite.

tips migrasi ketujuh, banyaklah berdoa dan jaga kondisi badan serta emosi anda. tidak ada yang mudah di dalam proses migrasi ini. yakinkan diri sendiri bahwa keberhasilan migrasi ini merupakan value added dan akan menambah panjang tulisan portofolio anda. godluck.

bacaan wajib :

Iklan