Tag

,

pranayama adalah satu kata yang sering terdengar manakala kita membicarakan yoga. memang pranayama dan yoga adalah dua kata yang tidak terpisahkan. pranayama sesungguhnya adalah langkah awal seseorang untuk kenal meditasi dan yoga. belajar meditasi akan semakin mudah apabila dilakukan setelah melakukan pranayama. lantas bagaimana kaitan meditasi, yoga, dan pranayama ?

belajar yoga tidak sesulit yang pernah aku bayangkan. ternyata yoga adalah sebuah disiplin, sebuah jalan hidup, dan bagi sebagian orang adalah sebuah lifestyle, gaya hidup.

yoga tidak selalu berarti gerakan tubuh layaknya senam lantai. jumpalitan dengan kepala dibawah atau yang sering disebut asana (sikap tubuh). asana adalah bagian kecil dari yoga. asana dimaksudkan untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan menyiapkan tubuh agar lebih rileks kala melakukan meditasi. meski demikian asana tidak selalu diakhiri dengan meditasi.

cara paling gampang namun sedikit susah (doh!) saat mulai belajar yoga adalah pranayama. pranayama adalah cara kita untuk mendisiplinkan diri dan meluaskan kesadaran akan pentingnya nafas bagi tubuh kita. ini bagian terpenting dari sebuah meditasi.

bernafas adalah gerakan refleks dari tubuh manusia. ini merupakan perintah alam bawah sadar otak kita. begitu kita lahir ke dunia, secara refleks otak memerintahkan paru – paru dan otot pernafasan untuk mulai menghirup dan menghembuskan udara. gerakan menghirup serta menghembuskan nafas ini bagi kebanyakan orang tidak diperhatikan lagi karena memang sudah refleks.

pranayama mengajarkan kita untuk memperhatikan aliran udara masuk dan keluar ke dan dari paru – paru. setiap gerakan otot kita dalam menghirup dan menghembuskan nafas harus kita sadari dan rasakan. suhu udara dingin dan hangat yang keluar masuk paru – paru harus kita rasakan.

setiap kali udara bersih masuk ke tubuh, pikiran kita harus dikondisikan kita sedang menerima energi masuk mengalir ke seluruh anggota tubuh. kebalikannya, pada saat menghembuskan nafas, udara kotor membawa serta energi sisa metabolisme tubuh keluar dari tubuh kita.

untuk membangun kesadaran ini, di dalam prayama dikenal istilah mantra. mantra adalah sepenggal suku kata yang mengandung makna dan arti khusus. suku kata ini diyakini memiliki vibrasi (energi) pada saat diucapkan dengan penuh kesadaran. penggunaaan mantra ini tidak perlu dipertanyakan ke ahli agama. di dalam yoga tidak dikenal istilah benar dan salah, dosa dan tidak dosa, namun lebih menekankan kepada makna perlu dan tidak perlu. hal inilah yang kadang menjadi penghambat seseorang untuk belajar yoga secara total.

setiap tarikan nafas disertai dengan pengucapan mantra di dalam pikiran. begitu pula setiap pengeluaran nafas. mantra pada saat udara masuk berbeda dengan pada saat udara keluar.

sebagai latihan, silakan coba lakukan ini dengan mantra bikinan sendiri. pada saat udara masuk ucapkan dalam hati “bersih”, sedangkan pada saat menghembuskan nafas, ucapkan “kotor”. tentu saja anda bisa mengganti “mantra” tersebut.

melakukan latihan di atas selama 30 menit setiap hari akan melatih pikiran anda agar mudah untuk fokus pada sesuatu bukan bergerak liar ke sana kemari.

melakukan pranayama dengan mantra yang tepat akan menjawab pertanyaan umum yang sering dilakukan oleh awam, “bagaimana saya harus berkonsentrasi saat melakukan meditasi ?” pranayama akan langsung menjawab pertanyaan itu. bahkan pada saat latihan pranayama anda justru tidak sadar bahwa sesungguhnya anda sedang dalam konsentrasi tinggi.

itulah esensi pranayama. awal sebuah meditasi dan yoga.

Iklan