Tag

,

kali ini aku ingin berbagi pengalaman mengenai frameset besutan amoeba, pabrikan dari taiwan, yaitu hussar. amoeba mengeluarkan dua tipe hussar, yakni for xc dan for dirtjump. kedua type hussar ini sempat menarik perhatian para pecinta mtb kurang lebih akhir tahun 2005. konon penjualan frame hussar mencapai titik puncak di pertengahan tahun 2006. kini kondisinya telah menurun seiring dengan munculnya hussar generik alias palsu.

hussar menurut hematku cukup fenomental, mengingat kenyataan yang terjadi bahwa hussar telah dipalsukan. menurut pengamatanku hussarlah satu – satunya frame buatan taiwan yang dipalsukan, setidaknya sampai aku tulis artikel ini. barangkali salah satu sebabnya adalah tingkat penjualan hussar yang cukup bagus.

bagaimana membedakan frame amoeba hussar asli dengan generik? cukup mudah. amoeba hussar asli selalu mencantumkan ukuran frame di bagian seatstay (seat tube) alias bagian frame yang tegak lurus dari bottom bracket ke tempat sadle. ukuran dicantumkan dengan ukuran huruf cukup besar satuan inchi. hussar asli selalu berwarna abu – abu gelap doff dengan corak putih, coklat, kuning, dan orange. pada bagian bawah bottom bracket tercetak nomor frame alias produk number.

dari pabrikan, hussar dijual dengan sistem set, frameset. jadi ada frame, seat post, sadle, handlebar, stem, dan handgrip. namun seperti biasa, ada saja akal para penjual yang lantas menjual secara terpisah karena lebih menjanjikan. ini sudah sangat khas negeri ini. dan tidak sepenuhnya salah penjual. tapi berpotensi membingungkan calon konsumen dalam membedakan frame asli atau generik.

frameset hussar xc tahun 2006 dijual rp 1.6juta-an. sedangkan frameset hussar jump dilepas dengan harga rp 2.6juta-an. ini harga dari salah satu retail sepeda cukup terkenal di negeri ini.

lantas apa beda hussar xc dengan hussar jump? menurut amoeba, hussar xc diperuntukkan untuk sepeda cross country sehingga desain frame dibuat tidak terlalu slope dan ringan. sedangkan hussar jump sesuai namanya diperuntukkan untuk dirtjump. sedikit lebih slope, rigid, dan lebih berat beberapa gram dari versi xc. akan tetapi ketika aku bandingkan keduanya dengan tabel geometri frame keluaran majalah cycling, kedua frame masih dapat digolongkan ke dalam genre xc. jadi kesimpulanku beda paling signifikan antara dua frame ini adalah pada teknik pembuatan.

meskipun menggunakan material aluminium yang sama (t6061 t6), namun di beberapa bagian hussar jump menggunakan ukuran tube yang lebih besar, pada chainstay menggunakan aluminium berpenampang persegi panjang. ini untuk tujuan memperkuat frame. beberapa penebalan frame membuat bobot total frame hussar jump 2150 gram, lebih berat dari hussar xc (1920 g) untuk ukuran frame 16″

saat ini di situs resmi amoeba, mereka menggolongkan produk mereka menjadi 3 yakni mtb (xc), downhill, dan racing. hussar jump mereka golongkan ke downhill. entah maksud mereka apa, namun rasanya aku tidak sepakat. melihat geometri hussar jump, aku masih berpendapat hussar jump lebih cocok untuk dirtjump atau cross country.

selama hampir dua tahun menggunakan frameset hussar jump, ok banget dipakai untuk cross country, dari light ke extreem. cuma nyali masih belum dapet untuk maen dirtjump atopun freestyle apalagi downhill.

frame ini cocok bagi pemula yang sudah jatuh cinta dengan si kereta angin. daripada membeli frame generik yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya lebih baik beli frame asli dengan harga relatif murah.

Iklan