Tag

,

aku termasuk salah seorang yang tertarik pada pandangan pertama terhadap di release nya sepeda edisi b2w hasil kerjasama polygon dan b2w-indonesia pada awal agustus kemarin. warna kuning menyolok khas b2w dengan logo b2w tercetak di frame, wuih tob markotobs deh. bila dipakai pasti akan banyak orang tengokin kepala penasaran. dan ini sudah terbukti lho! kami buktinya.

menggunakan frame berbahan aluminium standard xtrada milik polygon. geometri nyaris sama dengan xtrada or premier. detil spesifikasi :

SPESIFIKASI:
- Kategori MTB (Mountain Bike), Tipe XC (Cross Country)
- Ukuran Frame 16 (ukuran 17+ akan segera menyusul)
- Ukuran Rim 26, Quick release
- Ban Tipe Onroad Semi Slick 26 X 2.0
- Rem V Brake
- Crank 44 – 36 – 28
- Speed 21
- FD dan RD SHIMANO Tourney
- Shifter Revoshifter
- Fork setara RST
- Warna Kuning dengan logo B2W Indonesia

ide dasarnya , konon, sepeda ini dicipta agar membantu mempercepat penetrasi sepeda di tanah air. namun dengan harga yang mendekati 1.4jt dan komponen yang low-end ditambah tidak adanya pilihan variasi warna ataupun frame only, rasanya ini menjadi semacam komoditi dagang semata. tidak membawa serta idealisme awal mula para perancangnya.

kelemahan utama sepeda ini adalah pada bottom bracket. penggunaan komponen yang yang “asal murah” ini jelas keputusan yang salah. baru beberapa kali dibawa putar – putar kompleks, sudah terasa longgar dan goyang. sudah dicoba dikencangin dan diberi pelumas tapi tetap sama. harap dicatat bahwa route yang dilewati hanya jalan aspal.kelemahan kedua pada rd. jangan paksa sepeda ini masuk jalur offroad kalau tidak ingin menyesal nantinya. sepeda ini memang didesain untuk trek aspal.

bagian yang paling tangguh barangkali fork. sampai saat ini fork asli tetap aku pertahankan dan tidak mengalami kendala.

kesimpulanku, untuk b2w-indonesia, sediakan opsi pembelian frame only. agar masyarakat luas tidak merasa membeli barang jelek atau murahan. barangkali ini justru akan menarik minat orang lebih banyak. perluas jaringan distibusi, tidak hanya dengan satu jaringan retail seperti sekarang ini. pola kerjasama atau bagi hasil aku rasa bisa diatur ulang untuk lebih mempercepat tercapainya ide brilian seperti pada awalnya.

dengan memberikan keleluasaan merakit serta memilih komponen sendiri, risiko ditanggung pembeli. artinya kalau pemilihan komponen asal murah ya tentu akan tidak senyaman dibanding apabila membeli komponen high-end.

untuk para pemula, meski edisi b2w ini sungguh sangat menarik secara visual, bagi yang memiliki dana pas – pasan disarankan tunda dulu untuk membelinya. namun bagi yang telanjur cinta, sediakan dana lebih, setidaknya 1 juta untuk siap – siap upgrade komponen.

jadi jangan mengharapkan lebih apabila anda masih menggunakan komponen bawaan. saranku untuk yang serius naik sepeda, segeralah lakukan upgrade komponen. seperti yang aku lakukan, upgrade ke groupset alivio. silakan sesuaikan dengan peruntukan dan dana anda.

kini sepeda kuning tersebut dipergunakan istri untuk jemput anak kami dari sekolah. sudah aku lengkapi dengan babyseat besutan topeak. alhasil setiap kami bersepeda bersama, ada saja orang yang terheran – heran. mungkin mereka berpikir kok ada keluarga gila sepeda ya. keren lagi sepedanya…hehehe.

b2w_rdsepeda_b2w

update info 10/09/2008 : per september ini produk b2w-edition warna kuning kembali dikeluarkan oleh polygon, harga di jaringan rodalink adalah rp 1.775.000

About these ads