Tag

, ,

sudah pernah melihat dengan mata kepala sendiri sebuah iklan tipi dari FIF (federal international finance) ? dikisahkan ada seorang bapak yang lagi genjot sepeda boncengin anaknya yang gendut, bapaknya ngos-ngosan genjot sepeda di tanjakan. di scene selanjutnya muncul pesan kalo gak mau kayak gitu lagi ya ambil kredit motor di FIF aja.

wah ini menyesatkan dan sangat merendahkan sepeda sebagai alat transportasi yang sehat dan ramah lingkungan. iklan ini seharusnya tidak ditampilkan. pihak FIF mustinya risi dengan penyampain pesan yang kasar dan cenderung tidak santun.

para mtb’er, b2w, maupun onthelis pasti geram melihat iklan ini. salah satunya om bayu. pesan yang hendak disampaikan iklan itu memang sangat kuat, bersepeda adalah merepotkan, bikin capek, dan wajib hukumnya untuk ganti ke sepeda motor dengan cara kredit.

pesan itu jelas menyesatkan karena pertama bersepeda justru sangat gampang alias tidak merepotkan. bersepeda tetap bisa menempuh jarak jauh dan sanggup melibas trek/medan apapun yang menghadang. semuanya tergantung skill penunggangnya.

masih ingat waktu banjir di jakarta tahun 06 dan 07 dulu? para anggota b2w justru melengang dengan sepeda masing-masing untuk beraktifitas. bahkan mereka terlibat di dalam tim relawan membantu mengevakuasi korban. aku pun pernah bersepeda di kala banjir. silakan klik di sini.

bersepeda hampir tidak mengeluarkan ongkos operasional. coba bandingkan dengan bersepeda motor. ada biaya pembelian bbm, olie, dan servis rutin. itu belum dihitung apabila pembelian sepeda motor itu melalui skema kredit.

dari beberapa argumen itu saja sudah terlihat bahwa pesan penjual motor itu sudah kalah telak. apalagi bila dikaitkan dengan kenyataan adanya peningkatan kerusakan iklim akibat pemanasan global.

wahai FIF, kapan kau tarik iklanmu itu? yang penasaran coba klik di sini.

Iklan