jendral besar soeharto mengawali tahun 2008 ini dengan kembali tergolek tak berdaya akibat sakit. beliau masuk rspp jumat 4 jan kemaren.

menurut ketua tim dokter rspp, sakit mantan presiden ini sudah semakin parah dibanding sebelumnya. meski demikian tim dokter akan berusaha semaksimal mungkin.

kita sebagai anak negeri ini, sudah seharusnya merelakan dengan lapang dada agar si jendral besar tersebut tidak semakin menderita akibat sakit yang menggerogoti tubuhnya. sudah seharusnya kita memberikan penghargaan setinggi – tingginya atas seluruh jasa baik beliau untuk negeri ini.

seperti kata gus dur, setidaknya ada 3 jasa besar soeharto, yakni kepempimpinan yang berorentasi rakyat kecil, meletakkan landasan pembangunan yang terencana, dan memberikan contoh kepada seluruh bangsa agar selalu memperhitungkan segala sesuatu sebelum bertindak.

disangkal atau tidak, ketiga hal tersebut tidak kita dapati di semua presiden setelah beliau. setuju? aku sih setuju dengan pendapat gus dur.

nah…jadi sekali lagi, agar jalannya dilapangkan, relakan kepergian soeharto jika memang telah tiba saatnya. biarkan segala hal yang telah diperbuat oleh beliau di dunia ini dipertanggungjawabkannya secara pribadi di hadapan sang khalik.

kurasa, tidak lama lagi, tibalah saatnya bagi beliau untuk pergi (semoga saja salah…)

updated (14/01/08) :

sampai hari ini telah 10 hari sang jendral besar masih berjuang antara hidup dan mati. bagiku ini sungguh penyiksaan. rupanya inilah “karma” yang musti ditanggung sang jendral sebelum tiba di hadapan sang khalik.  sampai kapan beliau akan berjuang?

Iklan