Tag

,

liburan 1 muharam, kamis 10-01-08, kami berkesempatan menaklukan 3 bukit cihuni. peserta dari rcc cuma diriku dan dedengkot rcc, p agung. berdua ditemani sobat lamaku, bakti yang memang sekarang sudah jadi kuncen cihuni sejak keracunan mtb beberapa bulan lalu.

trek cihuni adalah salah satu trek legendaris para mtb-er seputar jabodetabek. berada di pinggiran jakarta, masuk wilayah tangerang. kalau saat musim rambutan, boleh juga borong rambutan di desa-desa sekitar cihuni.

berangkat berdua dalam satu mobil, kami masuk tol tepat jam 6.10 pagi tentu saja. setengah jam kemudian tiba di meeting point, rumah bakti di pesona karawaci. singkat cerita, setelah rakit kembali sepeda dan check kelengkapan. start dimulai jam 7.15.

niat awal ingin mendokumentasikan trek cihuni ini dengan reportase lengkap. tapi berhubung bakti, as a leader, genjot seperti dikejar setan, aku banyak kehilangan moment dan obyek bagus untuk difoto. barangkali next trip, reportase cihuni baru bisa keluar. huh..

trek aspal dan makadam dari pesona karawaci menuju hill-1 rasanya tidak perlu diceritakan, terlalu monoton. kanan kiri rumah. sempat jajal potong kompas melalui lahan milik delevoper gading serpong yang sedang dibuka, malahan menemui jalan buntu dan musti balik arah.

masuk hill-1, sempat bertemu beberapa goeser, mungkin dari villa ilhami, yang sedang prepare masuk trek. tanpa sempat basa-basi kami langsung masuk trek technical. trek ini layak disebut tanjakan ngehe karena memang panjang dan tinggi. ini adalah technical trek yang harus dilalui untuk meraih bonus setelah puncak. konsentrasi dan skill tinggi rupanya harus diimbangi dengan pemilihan ban yang tepat. tidak ada di antara kami yang lolos melewati trek ini tanpa slip ban. maklum kami memakai ban all condition. kondisi trek kebetulan masih basah karena embun semalam. lengkaplah sudah! untuk pemula disarankan tidak memaksa diri melalui hill-1 ini.

hill-2 rasanya tidak segarang hill-1, meski sama-sama single trek namun masih cukup nyaman digenjot dengan kecepatan konstan. trek dan pemandangan cukup bervariasi karena selain tanjakan dengan single trek dengan pepohonan kiri kanan, juga melewati hutan bambu seup_hillbelum akhirnya on-road ke arah hill-3.

hill-3 merupakan trek paling landai. tidak segarang hill-1 dan hill-2. hanya saja trek ini full open air, alias langsung terkena sinar matahari. siangan dikit, bakalan cukup menyiksa karena rawan dehidrasi. tapi jangan khawatir, selepas hill-3 atau hill terakhir ini, silakan mampir ke warung aat.

warung aat adalah basecamp bagi mtb’er. di sana bisa dijumpai nasi uduk, ketan urap, lontong sayur, dan jangan lupakan teh hangat. makan di sini selain murah juga cukup bersih untuk ukuran warung kampung. murah tapi tidak murahan. apalagi kalau sembari makan ditemani aat yang cukup bening dan muantabs. konon aat memang kembang desa di situ. pokoknya ditanggung mak nyuus.

sebelum mampir warung aat, kalau masih ada tenaga boleh nge-lap sekali lagi hill-3 yang berada tepat di bawah warung. rasakan juga turunan aspal yang bisa membuat speed naik ke 40km/jam. begitu lepas jalan aspal, masuk lapangan, dan single trek hill-3.

setelah istirahat setengah jam di warung aat, kami mencoba sekali lagi hill-3 dan kemudian langsung banting stang arah kiri, pulang melalui jalan aspal dan sesekali makadam.

blue_sky_green_lakekami sempatkan mampir ke danau cihuni yang sekarang berada dalam wilayah delevoper serpong. tidak tahan untuk mengabadikan langit cerah tangerang. jarang-jarang ditemui keindahan alam seperti saat itu.

selepas danau, kami masuk trek kebun kelapa gading. serasa melewati boulevard palmbeach. kiri kanan kami pohon kelapa. udara segar bisa leluasa dihirup. bau khas pepohonan yang masih setengah basah akibat embun masih terasa. andai saja sepanjang jalan pulang seperti ini, pasti sangat menyenangkan.palmtrek

akhirnya pukul 9.00 kurang lebih, kami kembali di meeting point. pesona karawaci. total jarak tempuh 23km. kami cukup puas karena berhasil menaklukan ketiga hill tanpa diselingi dengan istirahat di antaranya.

trek cihuni menyajikan menu lengkap. bagi pecinta touring dan anti tanjakan, silakan genjot mengikuti jalan pedesaan. masuk keluar kampung. bagi pecinta off-road, ketiga hill dengan variasi trek yang lumayan menguras tenaga, siap menyambut. terakhir bagi pecinta kuliner, warung aat tidak boleh diabaikan.

Iklan