Tag

, ,

anda akan memulai b2w? atau sudah beberapa kali melakukan kegiatan ini? tulisan ini aku dedikasikan kepada mereka yang dengan rela mengeluarkan keringat dan meninggalkan kendaraan bermotor mereka di rumah, hanya untuk genjot sepeda ke kantor alias b2w.

b2w adalah kegiatan yang mulia, idealisme yang rasanya sangat jarang ditemui di negeri ini. bayangkan, di tengah-tengah asap kendaraan bermotor, di antara iming – iming iklan kredit motor yang luar biasa, di bawah terik mentari pagi, mereka dengan tekun mengayuh pedal, kayuhan demi kayuhan. sesungguhnya mereka ini para pelaku b2w layak mendapatkan apresiasi setinggi – tingginya.

b2w membawa beberapa konsekuensi. pertama anda harus keluar duit buat beli sepeda dan asesoris bersepeda seperti helm dan sarung tangan. ini jelas kan? kedua, anda harus berlatih fisik dulu sebelum memulai b2w agar tidak pingsan di jalan dan jadi tontonan orang. ketiga, anda harus bangun lebih pagi untuk pergi ke kantor. anda harus siapkan segala keperluan seperti baju ganti, handuk, sabun, pewangi ke dalam tas malam hari sebelum b2w. keempat, anda harus cek dulu segala perlengkapan sepeda agar ready for b2w. pengecekan ini meliputi tekanan ban, locking quick release, fungsi rem, fungsi shifter, serta lampu kalau memang harus jalan malam. dan terakhir, jangan tidur terlalu malam. siapkan fisik dan psikis anda menghadapi hutan rimba jalanan yang tidak ramah.

bangun pagi, setelah mandi, pastikan anda bisa sarapan terlebih dahulu. jangan sepelekan kegiatan satu ini. anda bukan robot. usai sarapan dan siapkan sepeda, jangan lupa menggunakan helm, sarung tangan, dan masker. sebelum mulai genjot, pamit pada orang rumah, entah istri, anak2, ataupun orang tua. ada baiknya lakukan juga perenggangan badan ringan beberapa menit.

genjotlah perlahan – lahan agar otot – otot kaki anda lemas dan mendapat pemanasan secukupnya. setelah kayuhan terasa ringan mulailah tingkatkan speed sebatas kemampuan anda. ingat jangan terburu nafsu untuk memacu sepeda anda. tujuan anda adalah kantor bukan rumah sakit.

jangan lawan kendaraan bermotor, tetaplah fokus pada sepeda dan jalan di sekeliling anda. kalau ada angkot tiba-tiba berhenti di depan anda, tidak perlu marah, ingat anda lebih terpelajar dan bisa berpikir lebih jernih. cukuplah lewati angkot tadi dan berhentilah tepat di depannya lalu pura – pura membetulkan roda sepeda kira – kira 3 menit lamanya. eits, yang terakhir ini jangan ditiru dan dipraktekkan!

jangan mengambil jalur terlalu tengah. lebih aman tetap di paling kiri dan kalau perlu, semisal macet, ambil trek tanah atau trotoar di kiri jalan. awas, waspada terhadap lubang menganga yang kadang ada. alih – alih melewati macet, bisa – bisa anda malahan terperosok lubang dan harus pulang balik ke rumah.

kemampuan anda menjaga emosi dan bertahan dari segala rintangan sangat diperlukan. bulatkan tekad bahwa anda harus mampu menyelesaikan sesi b2w hari itu. angin besar yang akhir – akhir ini melanda negeri ini merupakan siksaan yang tiada tara bila anda harus melawannya. belum lagi kalau hujan turun. lengkaplah sudah.

sesampai di kantor, cari parkiran dan jangan lupa kunci sepeda kesayangan anda. bilamana perlu titipkan pada satpam setempat. setelah itu mandi dan ganti baju kerja.

setiap kali melakukan b2w bersiaplah menerima bermacam ekspresi orang kantor. ada yang tidak percaya, ada yang seolah mencibir dan mencemooh, namun tidak jarang ada yang memuji serta memberikan apresiasi terhadap apa yang telah kita lakukan. gunakan saja saat – saat itu untuk mengkampanyekan gerakan b2w.

Iklan