Tag

,

kurang lebih sebulan terakhir ini aku sedang berusaha untuk membiasakan diri menggunakan pedal ber-cleat dari shimano, type pd-540. pedal jenis ini mensyaratkan kita harus menggunakan sepatu yang memiliki tipe cleat dari shimano pula, contohnya mt41.

di dalam artikel – artikel yang pernah kubaca dan juga beberapa saran senior mtb, penggunaan cleat dapat meningkatkan efisiensi kayuhan hingga 30%. sederhananya, kaki dapat mengayuh pedal secara push and pull. jadi kalo kaki kiri sedang menekan ke bawah, kaki kanan dapat membantu menarik pedal ke atas. begitu seterusnya.

tapi sebelum bisa melenggang di trek baik off road maupun on-road, berkali – kali aku coba membuka menutup cleat dengan sepeda tetap diam. mungkin kuulang sampai ratusan kali baik kaki kiri maupun kanan. maklum kalo telat atau salah membuka cleat pada saat sepeda berhenti, badan dan sepeda bisa tiba – tiba tumbang bak pohon rubuh. kan tidak lucu tuh.mt41pd540

konsentrasi tetap diperlukan sewaktu kita menggunakan fitur ini saat bersepeda. di dalam otak musti ditanamkan kesadaran bahwa kaki kita sedang menggunakan sepatu dan pedal bercleat. harus lepas cleat dulu sebelum turunkan kaki dan berhenti.

kini udah bisa berani keliling kompleks perumahan dan ber-b2w. tinggal masuk jalur off road sebenar – benarnya.

pernah jatuh? sekali. dan sebabnya sangat sepele. terlalu asyik cari angle buat bikin foto, lalu tiba-tiba brenti begitu dapat sudut bagus, lupa kalo kaki masih terikat di pedal. ya sudah rubuh bak pohon tumbang. masih untung sepi, kagak malu diliat orang. hasilnya lecet di dengkul dan dikit di siku. pulang ke rumah diketawain istri nggak abis – abisnya.

hanya saja rasanya aku tidak menemukan atau merasakan kenaikan efisiensi kayuhan seperti yang di katakan banyak orang. mungkin belum saja. harus lebih banyak explorasi dulu.

Iklan