Tag

internet bagi sebagian besar orang kita (indonesia) masih merupakan barang mewah. untuk itu telah lama para pejuang it tanah air berjibaku, berkreasi mencari solusi murah meriah untuk akses internet bagi komunitas. maka lahirlah konsep rt-rw net. salah satu konsep berbagi akses internet yang murah meriah.

pada awalnya adalah bincang – bincang antara diriku dan salah seorang rekan kantor. bagaimana mendapatkan akses internet bagi kurang lebih 10 orang penghuni mess karyawan. gayung bersambut. maka selama dua bulan kami berdiskusi lebih intens. dan lahirlah rtrw net untuk mess karyawan kantor kami.

sore ini telah tersambung 10 komputer milik para penghuni mess ke dunia luar melalui internet. isp menggunakan telkom melalui paket speedy unlimited. network star menggunakan 3 switch 8 port ke tiap-tiap building. kabel masih menggunakan utp cat 5e, karena kebanyakan user masih belum memiliki gigabyte network card.

pada saat test speed minggu sore, didapat speed upload 51kbps dan download 312kbps. itu hasil test server im2 via speedtest . lebih dari cukup. asal usernya tidak bernafsu download sih pasti masih terasa nyaman. tinggal kami tunggu performance jaringan selama seminggu ke depan. mudah-mudahan tidak bermasalah.

network ini dibangun murni atas swadaya penghuni mess yang tertarik. pihak manajemen kantor hanya memberikan restu dan doa. dan aku sendiri hanya berperan sebagai technical advisor, begitu sebutannya pada project proposal yang mereka susun untuk disampaikan ke manajemen.

satu catatan, installasi modem adsl terpaksa dilakukan sendiri mengingat teknisi telkom terlalu sibuk dengan proyek lain. jadilah main tebak-tebakan setting dslam mana yang dipergunakan. waktu tanya ke cs, mengapa seluruh setting tidak diberikan kepada client, jawabannya sangat konyol, “kalo semua diberikan, lantas kerja kami apa, pak?”

Iklan