Tag

suatu ketika big boss ku melontarkan pertanyaan bagus, apa beda hibernate dan sleep mode di notebook baru beliau yang masih berumur kurang dari satu bulan. ini pertanyaan sangat bagus terlebih beliau sudah sangat senior, kata lain dari sepuh, namun masih memiliki semangat belajar yang luar biasa.

penjelasan panjang bisa didapatkan dari wikipedia secara terpisah, namun kucoba membuat intisari dari perbedaan antara hibernate dan sleep mode.

sleep mode, sebuah notebook akan tetap menyimpan informasi yang terakhir ada di RAM, mematikan beberapa device yang tidak terpakai (graphic card, optical drive, hardisk, monitor). dalam kondisi ini, notebook tetap mengkonsumsi power namun dalam jumlah kecil.

hibernate mode, sesaat sebelum shutdown, seluruh informasi yang masih berada di memory disimpan ke hardisk, sehingga pada saat tombol power ditekan (lagi), notebook langsung berada di posisi terakhir sebelum diperintahkan hibernate. pada kondisi hibernate, notebook benar-benar dalam kondisi mati.

proses hibernate jelas akan memakan waktu relatif lebih lama untuk off dan on dibandingkan proses pada sleep mode. namun hibernate mode akan lebih menghemat bateray dibandingkan sleep mode.

lantas kapan pilih sleep kapan pilih hibernate? tergantung situasi dan kondisi. semua memiliki konsekuensi.

Iklan