Tag

,

bike to work (b2w) atau melakukan aktivitas bepergian, khususnya ke kantor, dengan bersepeda sesungguhnya bukan keputusan yang gampang. setidaknya tidak semua orang bisa melakukannya seketika. sebagian besar akan berpikir berkali – kali lipat sebelum membuka tabungan dan membeli sepeda. pengalamanku menebar racun b2w di lingkungan kantor dan lingkungan sekitar rumah setidaknya memperlihatkan kecenderungan seperti itu.

alasan pertama yang mereka lontarkan, jalanan tidak ramah buat pesepeda atau dengan kata lain sangat berbahaya bersepeda di jalanan ibukota. alasan ini sangat mudah untuk dipatahkan. risiko kecelakaan di jalan umum bukan hanya milik pesepeda, pejalan kaki pun bisa tiba – tiba diserempet motor. untuk itulah, di dalam setiap kesempatan para penggiat sepeda selalu mengingatkan kepada pemula untuk jangan lupa memperhatikan faktor safety. menggunakan helm, mematuhi rambu lalu lintas, serta menyadari bahwa jalan adalah tempat umum, siapapun berhak menggunakannya. kunci keamanan sesungguhnya ada di tangan kita sendiri.

alasan kedua, polusi sudah sangat parah, sangat tidak sehat bersepeda. ini alasan yang sesungguhnya sangat tidak masuk akal dan logika. bagi orang memiliki logika, justru karena sudah begitu parahnya polusi akibat kendaraan bermotor yang membuang racun, sudah layak dan sepantasnya kita berpartisipasi aktif dan positif dengan mengurangi satu kendaraan bermotor saja yang sering kita pergunakan untuk bepergian. semakin banyak kendaraan bermotor berkurang semakin sehat pula udara di sekitar kita.

apakah anda tahu bahwa sesungguhnya duduk manis di mobil berpendingin udara tidak lepas dari udara berpolutan? berapa juta bakteri yang ikut terhisap masuk ke sistem pernapasan anda akibat interior mobil tidak pernah dibersihkan apalagi disterilkan?

untuk mencegah paru – paru kita terpapar gas beracun pada saat bersepeda on the road, telah tersedia masker. berbagai macam masker tersedia, dari yang murah meriah yang dijajakan di kaki lima (masker bh), sampai dengan masker standar industri yang memiliki filter karbon aktif. harganya pun tentu bervariasi, dari belasan rib sampai puluhan ribu. masih beralasan?

bagaimana dengan debu yang bisa masuk ke mata? pakailah kacamata khusus untuk sport. atau kalau tidak silakan beli di pedagang kaki lima, sepuluh ribuan. ada juga kacamata safety standar industri. bisa juga tampil modis dengan kacamata harga jutaan merek ternama.

takut kulit menghitam terbakar matahari ? pakailah pakaian khusus bersepeda. ada yang memiliki lengan panjang. bahan yang dipergunakan juga sangat mudah menguapkan keringat. atau bisa juga pakai pakaian olah raga lengan panjang yang berbahan katun. lengkapi dengan menggunakan kaus tangan (gloves). ada pilihan juga untuk celana 3/4 atau panjang ketat. tinggal sesuaikan selera dan kantung.

jarak kantor dan rumah jauh. seberapa jauhkah ? jarak 20km sekali jalan adalah jarak ideal untuk ber-b2w. lebih jauh dari itu tetap saja memungkinkan ditempuh dengan bersepeda namun dibutuhkan mental yang sangat kuat dan fisik prima. rekan – rekan b2w yang setiap pagi menempuh jarak kurang lebih 40km lebih suka melakukannya secara berombongan. dengan melakukannya ramai – ramai bisa saling menguatkan.

jarak jauh dan tidak ada teman ? pergunakan sepeda lipat. dari rumah ke pangkalan kendaraan umum naik sepeda. bawa sepeda di kendaraan umum dengan kondisi terlipat. sesampai di tujuan, kalau masih cukup jauh, cukup kembali genjot sepeda lipat anda. setidaknya anda bisa mengirit ongkos ojek/metromini/bajaj.

bersepeda ke kantor lebih merepotkan karena harus bawa baju ganti dan seabreg keperluan lainnya. ini tergantung bagaimana cara kita menyiasatinya. kita bisa saja meninggalkan alat mandi/parfume/sepatu kerja di kantor agar tidak memberatkan perjalanan bersepeda. ini keperluan yang sangat personal, sesungguhnya hanya kita sendiri yang tahu bagaimana cara mengatasinya. tinggal bulatkan tekad dan satukan niat.

bersepeda ke kantor mengharuskan kita bangun lebih pagi. untuk masalah yang satu ini, rasanya setiap orang sepakat, waktu olah raga yang tepat adalah pagi hari. kalau niatnya adalah olah raga, bangun lebih pagi adalah keharusan.

buat apa pakai sepeda kalau pakai motor jauh lebih simpel dan cepat ? motor memang saingan terberat sepeda. namun sepeda memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, tidak menimbulkan polusi, dan menyehatkan. bahkan pada saat banjir, sepeda masih bisa diandalkan untuk beraktivitas. selain itu alasan kuat mengapa kita harus memilih sepeda adalah adanya mind set bahwa kita harus peduli dengan lingkungan sekitar kita untuk kepentingan anak cucu kita. jadi nggak usah jauh – jauh demi nusa dan bangsa cukup anak dan cucu kita kelak.

alasan klasik yang lain adalah mahalnya harga sepeda. berapa ukuran mahal untuk anda ? bersikaplah adil dan bijaksana. berapa rupiah duit yang anda habiskan untuk transport dari rumah ke kantor setiap hari ? berapa duit yang harus anda sisihkan untuk angsuran motor/mobil tiap bulan ? berapa batang rokok yang anda habiskan tiap hari ? dan terakhir, berapa juta rupiah yang harus anda bayarkan tatkala anda tergolek tak berdaya di rumah sakit akibat obesitas, tekanan darah tinggi, jantung, dan lain sebagainya ?

sekarang harga bbm telah naik. ini berarti kita harus lebih hemat dan pandai mengatur pengeluaran harian kita agar kehidupan tetap berjalan normal. salah satu caranya adalah hemat pengeluaran transportasi. segeralah beli sepeda sebelum harga sepeda menjadi jauh lebih mahal lagi.

kesimpulannya, alasan serta penolakan yang kutulis di atas karena orang enggan beranjak dari zona nyaman. sebuah kondisi yang membuat kita terlena, tidak peduli karena terlalu asyik dengan diri sendiri, namun berpotensi membunuh daya juang dan potensi diri. mari, bangunlah! sadarlah! mari ikut serta berpartisipasi nyata di dalam menciptakan udara bersih lingkungan kita. caranya cukup sederhana, mari kita bersepeda sesering mungkin.

kata kuncinya adalah : “kalau bukan sekarang, kapan lagi ? kalau bukan kita, siapa lagi ?”

Iklan