Tag

,

setelah sekian waktu bersepeda dan banyak menebar racun b2w, sudah saatnya aku coba gambarkan beberapa kelemahan bersepeda. ini sekaligus menjadi penyeimbang terhadap artikel – artikel yang pernah kutulis sebelumnya mengenai manfaat bersepeda. kalau dalam dunia jurnalisme, dikenal asas cover both stories.

bersepeda bukan satu – satunya cara mengurangi polusi udara dan suara. masih banyak cara untuk berpartisipasi aktif mengurangi polusi khususnya melawan terjadinya global warming.

sepeda bukan merupakan moda transportasi yang praktis. anda tidak akan sanggup genjot sepeda, terutama jarak jauh tanpa persiapan khusus, misalnya makan dan membawa bekal air minum. apabila anda berniat membawa barang bawaan yang lumayan berat, jelas akan sedikit kerepotan membawanya menggunakan sepeda.

sepeda adalah moda tranportasi individualis. meskipun ada juga sepeda yang dilengkapi dengan boncengan, pada dasarnya akan lebih nyaman jika tanpa memboncengkan orang lain. kerepotan akan timbul manakala anda akan bepergian bersama 3 anggota keluarga hanya dengan satu sepeda.

tidak semua urusan perjalanan kantor/pekerjaan bisa dilakukan dengan sepeda. apabila anda seorang marketing super sibuk yang harus menemui klien kesana kemari, sungguh tidak tepat jika mengandalkan sepeda. menggabungkan sepeda dengan moda tranportasi lainnya jauh lebih bijaksana. contohnya daripada terjebak macet di jalan raya, keluarkan sepeda lipat anda dari bagasi mobil/taksi, dan segeralah mengejar jadwal meeting anda selanjutnya.

mungkin masih ada beberapa kelemahan lainnya. namun yang tertulis di atas bisa jadi sudah mewakili pendapat banyak pihak yang kontra.

adalah jauh lebih bijaksana jika kita semua tidak bersikap skeptis bahkan apriori dalam memandang pemanfaatan moda transportasi sepeda ini sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan. lebih baik segeralah beli sepeda dan manfaatkan semaksimal mungkin. jangan terlena di dalam zona nyaman anda.

Iklan