Tag

, ,

masih ingat cerita soal rem hidrolic hayes yang bocor olienya? nah tadi sore, setelah beberapa hari mencari bengkel yang bisa ngebenerin, akhirnya nemu juga di bagus bike, serpong. beberapa bike shop yang kukenal menolak dengan halus ketika aku bermaksud ngebenerin hayes di sana.

memang benar bahwa tidak semua bikeshop mampu melakukan bleeding rem hidro hayes. teknologi dan bahan yang berbeda dibandingkan shimano membuat cara perlakuan dan perawatan hayes memang berbeda.

cara bleeding hayes sangat berbeda dengan shimano. hayes harus diisi dari caliper bukan dari master silinder seperti shimano. olienya pun berbeda. hayes menggunakan dot-3 atau dot-4, sedangkan shimano menggunakan mineral oil. kelebihan hayes adalah tidak cepat panas dibanding shimano. dengan demikian hayes lebih pakem bila dipergunakan dalam jangka waktu lama dan beban pengereman yang cukup berat.

namun kelebihan hayes ini harus dibalas dengan kesusahan mendapatkan spareparts dan bengkel yang ready. bagi yang tinggal di jakarta dan sekitarnya tidak begitu kesulitan, namun bila tinggal di daerah, agak susah juga.

analogi yang sedikit dipaksakan, di dalam dunia mobile celullar, hayes adalah motorola sedangkan shimano adalah nokia. meski demikian tetap saja pilihan ada di tangan anda.

Iklan