Tag

, ,

sebentar lagi umat muslim di seluruh negeri akan melaksanakan salah satu ibadah penting berupa puasa sebagai persiapan diri menyambut idul fitri. rasanya tidak ada satu pun rakyat negeri ini yang tidak bergembira hati menyambut bulan suci ini.

anak-anak antusias menyambutnya karena mungkin merupakan masa pertama kali mereka untuk ikut berpuasa. sekaligus harap – harap cemas apakah kali ini mereka bakal mendapatkan hadiah dari orang tua mereka berupa baju baru, mainan baru, atau tambahan uang saku.

para orang tua pasti bergembira sekaligus harap cemas apakah thr dari kantor mereka akan diterima tepat waktu dan tepat hitung, mengingat daftar kebutuhan sudah berderet kebawah layaknya puisi cinta yang gelap mata.

para pedagang pun akan bersiap meningkatkan stok dagangan untuk mengantisipasi naiknya permintaan. sudah terbayang berapa keuntungan yang akan bertambah selama bulan puasa.

akan tetapi masih banyak saudara kita yang tidak pernah membayangkan akan mendapat baju baru, mainan baru, thr, atau pun membeli aneka kue lebaran. yang ada di pikiran mereka adalah bagaimana menyediakan makan sahur dan buka puasa nantinya. sebab seperti hari – hari lainnya, kalau cukup beruntung mereka hanya bisa makan 2 kali sehari.

kuajak kalian wahai saudaraku untuk menyambut datangnya bulan suci ini dengan berbenah diri. kedepankan sikap rendah hati. dahulukan kepentingan umum dibanding kepentingan diri sendiri. sopan di jalan raya. santun dalam berkata.

santunlah dalam melantunkan ajakan sahur dini hari ataupun saat menunggu berbuka puasa. ingatlah bahwa ada sodara-sodara kita yang karena satu dan lain sebab tidak melaksanakan ibadah puasa. jagalah ibadahmu agar tidak terkotori oleh umpatan orang lain yang merasa telah kau dzolimi.

janganlah kau rusak hak milik dan properti orang lain hanya karena mereka tidak sejalan dengan dirimu. janganlah kau minta orang lain menghormati dirimu sedangkan kau tidak jua menghormati mereka itu. ingatlah bahwa mereka dan kita adalah sesama manusia yang berharga di mata GUSTI. sebab kalau GUSTI tidak berkenan dengan kita, detik ini juga kita tiada.

sebab dengan demikianlah ibadah kita akan terjaga kemurniannya. hanya dengan cara inilah ramadhan kali ini akan membawa berkah.  hanya dengan berlaku demikianlah makna lebaran ini akan tertanam lebih dalam di hati sanubari.

selamat menjalankan ibadah puasa sobatku semua.

Iklan