Tag

,

melengkapi tulisanku sebelumnya soal citra raya tangerang kota nuansa seni, kucoba gambarkan kondisi riil di lapangan untuk memberikan gambaran utuh agar anda lebih obyektif dalam mengambil keputusan memilih tinggal di citra raya tangerang, kota nuansa seni.

akses jalan menuju citra raya yang paling cepat adalah dari exit tol bitung di km 26 tol jakarta tangerang merak atau lebih dikenal dengan istilah tol janger. jarak tempuh dari pintu tol bitung sampai dengan gerbang citra raya hanya 6km. waktu tempuh, kalau anda beruntung bisa dicapai hanya 10menit menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau motor. namun waktu singkat itu rasanya mustahil didapat saat jam dan hari kerja. seringnya kami harus membuang waktu setidaknya 20menit untuk itu. mengapa bisa? patut anda ketahui bahwa jl raya serang, jalan utama, padat oleh kendaraan umum, sepeda motor, dan truk berbagai tonase. seperti biasa sopir angkot demen ngetem menunggu bubaran pabrik. para pengendara sepeda motor di daerah ini betul-betul keras kepalanya. sebagian besar tidak menggunakan helm pengaman. mereka juga selalu mengemudi dengan kacamata kuda, alias tidak pernah tengok kiri kanan apalagi belakang. mungkin dalam benak mereka itu nggak ada ruginya mati terlindas roda truk daripada hidup terlilit utang cicilan motor. jadi berhati-hatilah! aku sendiri sudah tidak terhitung melihat kecelakaan motor, mungkin sudah ratusan dengan 2 di antaranya menewaskan pengendaranya.

soal kedua adalah masalah air. citra raya telah memiliki 3 waduk buatan sebagai tempat cadangan air permukaan, namun tidak dilengkapi dengan water treatment yang memadai. alhasil air seringkali masih harus disaring sebelum dipergunakan. belum lagi saat masa kemarau panjang, siap-siap tidak mandi karena air tidak mengalir.  paling aman adalah membuat sumur bor sendiri sebagai cadangan.

ketiga adalah masalah keamanan. meskipun telah dijaga oleh satpam di setiap pintu gerbang dan patroli keamanan sebagai pusat kontrol, rasanya tidak banyak membantu memperkecil risiko pencurian, khususnya pencurian kendaraan bermotor. apa pasal? banyak akses masuk ke citra raya! manajemen citra raya kalah posisi melawan penduduk lokal sehingga banyak tembok pembatas dijebol begitu saja oleh penduduk tanpa ada perlawanan berarti. ada juga akses jalan masuk kampung yang memang masih dibiarkan terbuka. memang tidak gampang mengamankan area seluas lebih dari 2000 hektare. mungkin anda heran mengapa aku begitu kenal lingkungan citra raya. semuanya karena hobi bersepeda yang kutekuni selama ini. kami sudah sering keluar masuk kampung sekitar citra raya dan bahkan berinteraksi dengan penduduk lokal kala melakukan eksplorasi trek sepeda yang baru.

masalah selanjutnya adalah kenyamanan. rasanya ini masalah krusial yang paling sulit untuk ditingkatkan oleh manajemen citra raya tangerang. lingkungan kompleks citra raya selama ini dijadikan ajang publik untuk berkumpul dari penduduk sekitar cikupa, tigaraksa, sampai balaraja. setiap malam minggu dan minggu pagi ratusan muda mudi tua muda bersepeda motor memenuhi jalanan citra raya. agendanya adalah rekreasi dan pacaran. ada juga kumpulan atau klub penggemar sepeda motor merk tertentu yang secara rutin menggelar ajang kumpul-kumpul. kondisi ini makin memuncak sewaktu menjelang tahun baru. wuih jangan harap bisa pakai mobil melintasi jalanan citra raya selepas maghrib.

serbuan ratusan sepeda motor, yang berubah menjadi ribuan di malam tahun baru,  itu tentu akan berpotensi memacetkan lalu lintas. dan yang paling dirugikan adalah penghuni citra raya tangerang itu sendiri. jadi kalau anda berniat keluar di malam minggu untuk sekedar berputar-putar sekitar kompleks mencari hawa segar. urungkan niat atau anda akan lebih stress dari sebelumnya. mungkin lebih nikmat adalah bersepeda santai. itu pun kalau anda adalah type orang yang mau berkeringat di malam minggu.

mungkin untuk meredam serbuan sepeda motor itu dan meminimalisasi kecelakaan, manajemen citra raya sampai membuat polisi tidur di dua ruas jalan boulevard mereka. rasanya memang konyol, jalan publik, boulevard namun berpolisi tidur. begitulah kenyataannya.

terakhir adalah soal proses jual beli rumah dan kualitas bangunan. namun itu akan kutulis di kesempatan lain.

dari tulisanku di atas, tergantung dari sudut pandang mana anda melihat, kondisi riil citra raya tangerang ini bisa menguntungkan atau merugikan anda sebagai penghuni atau calon penghuni. goodluck!