Tag

,

mau tau beda attitude polisi lalu lintas kita dan singapura? mudah sekali melihat perbedaan itu. khususnya pada saat mereka sedang menangkap basah pelanggar rambu, entah sengaja atau pun tidak.

kira – kira begini kata – kata pembuka dari mereka :

poltas singapura : “selamat siang/malam! anda telah melanggar rambu lalu lintas, saya harus memberikan surat tilang kepada anda. denda harus segera dibayarkan sebelum jatuh tempo. kalau tidak anda akan terkena bunga dan sanksi yang lebih berat. mengerti? terima kasih.” sesaat kemudian sang poltas menyerahkan surat tilang yang telah ditulisi lengkap.

oknum poltas indonesia : “selamat siang/malam! anda hendak ke mana? tahu bahwa anda telah melanggar rambu lalu lintas? jadi bagaimana ini? saya tilang atau bagaimana?”, sembari menimang – nimang surat tilang berwarna merah.

yang pertama jelas dan tegas. tidak ada kompromi. sedang yang kedua, jelas mereka hendak membuka percakapan yang tendensinya negoisasi.

aku sih percaya seratus persen, attitude demikian tidak ada kaitannya dengan gaji kedua profile polisi itu. kepatuhan kepada hukum dan perasaan malu menjadi landasan moral mereka.

ada yang sudah mengalami kejadian mirip di atas?