Tag

,

istilah yoga pasti tidak asing bagi telinga orang kebanyakan. apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan dan melek informasi. bahkan ada yang mengklaim bahwa yoga sudah menjadi way of life bagi sebagian orang kota. tapi tahukah anda apa sih yoga itu, kok bisa kemudian diharamkan?

yoga (yug-sanskrit) berarti asal, bersatu, penyatuan. yoga sesungguhnya dibagi menjadi 4 kategori utama, catur yoga, yaitu : jnana yoga, bhakti yoga, karma yoga, dan raja yoga. keempatnya menjadi pilar utama, empat langkah, untuk menuju penyatuan diri dengan sang pencipta. tujuannya sangat jelas, menuju ke sang pencipta, sang HYANG WIDHI, GUSTI, ALLAH, ALLOH, atau dalam bahasa jawa “manunggaling kawula GUSTI”

jnana yoga berarti penyatuan diri dengan cara mengabdikan diri pada ilmu pengetahuan. bhakti yoga berarti penyatuan diri dengan cara melakukan kebaikan dan kepasrahan yang tulus secara terus menerus. karma yoga berarti penyatuan diri dengan cara melakukan perbuatan baik dan mulia secara terus menerus. sedangkan raja yoga berarti penyatuan diri dengan cara samadi/meditasi.

di luar keempat yoga tadi adalah yoga yang berdasarkan pada gerak dan olah pernapasan. banyak sekali aliran yoga di indonesia yang berangkat dari olah gerak dan pernafasan.

sebenarnya yoga juga mengandung pengertian yang lebih yaitu jalan menuju kembali ke asal. yang mana kalo anda cermati ini adalah tujuan dari semua agama yang anda kenal.

di dalam yoga dikenal istilah – istilah dari bahasa sanskrit atau sansekerta. namun ini bukan lantas berarti bahwa yoga identik dengan suatu agama tertentu. patut dicatat bahwa praktik yoga sudah dilakukan jauh sebelum institusi agama itu sendiri ada.

spiritualisme yang terdapat di dalam yoga sangat universal. kalau anda kebetulan adalah ahli agama dan memang belajar dengan sungguh agama anda, kuyakin anda akan setuju dengan pernyataanku itu. aku pun pernah mengalami pergumulan batin pada tahap awal belajar yoga, lengkapnya di sini.

belum pernah kudengar praktisi yoga yang kemudian murtad dari agamanya. justru sebaliknya, spiritualisme mereka berkembang sangat pesat tapi sekaligus menjadi sangat low profile. silakan lihat sekeliling anda, adakah pelaku yoga di tempat anda?

apakah yoga mengajarkan metode sistematis untuk bersekutu dengan setan, jin, dan sebangsanya? aku tidak melihat itu. yoga justru bersumber kepada kecintaan tulus kepada sang khalik, pengabdian tanpa pamrih pada kemanusiaan sebagai wujud syukur atas rahmat-NYA yang telah menganugerahkan kemampuan luar biasa kepada kita.

pada akhirnya, semua harus kita lihat kepada buah yang dihasilkan. 99 persen para praktisi yoga yang kukenal berubah menjadi individu yang menyenangkan, sangat bijaksana, terlihat sangat baik dan wajahnya memancarkan aura yang menyejukkan. sisanya yang 1% keluar dan tidak lagi mempraktikkan yoga karena berbagai alasan.

jadi menurut anda yoga haram atau tidak?