Tag

,

gema menolak agresi militer israel ke pemukiman palestina dengan dalih melumpuhkan pejuang hamas terus berlanjut hampir di seluruh penjuru dunia. sudah 10 hari perang ini terjadi, korban telah jatuh di kedua pihak, tidak saja para tentara, tapi juga penduduk sipil, termasuk anak – anak yang masih polos tanpa dosa.

indonesia dengan penduduk muslim terbesar, seperti  biasa, bereaksi keras. ormas – ormas islam serta parpol berteriak lantang mengecam agresi militer israel. ormas islam garis keras bahkan rela mengirimkan anggotanya ke jalur gaza, ikut membela kaum muslimin yang tertindas dan di-dzolimi.

yang sangat kusesalkan, mereka itu terang – terangan membawa agama di dalam setiap aksi mereka. lengkap dengan atribut agama dan meneriakkan nama besar tuhannya sembari mencaci maki israel.

disengaja atau tidak, tindakan ini jelas komodifikasi agama. membawa agama ke ranah sosial yang sempit, sentimen agama, dengan harapan meraih simpati dari yang lain.

perang antara israel dengan pejuang palestina di tanah yang dijanjikan sebenarnya adalah perang perebutan wilayah yang dilandasi oleh keserakahan semata. bermotif politik dan ekonomi, tidak ada sangkut pautnya dengan eksistensi suatu agama. lagian agama mana yang menganjurkan perang?

lihatlah dengan jernih, perang ini pada akhirnya sanggup mendongkrak harga minyak mentah dunia yang dalam beberapa bulan terakhir merosot drastis. amerika adalah salah satu negara besar yang diuntungkan dengan adanya perang ini. minimal industri mereka bisa memasok senjata dan bahan baku lainnya untuk israel. ini tentu berita baik bagi us. dan janganlah lupa, segelintir pengusaha sovyet juga ikut bermain di sana.

ingatlah pula, agresi militer amerika ke irak. terbukti bahwa alasan pemusnahan senjata nuklir adalah rekaan belaka. alasan sebenarnya adalah faktor ekonomi. para petinggi pemerintahan dan pebisnis kelas kakap di amerika telah mencium gelagat akan terjadinya krisis ekonomi apabila roda ekonomi tidak segera diputar. lalu dibuatlah skenario perang. dan silakan cari data sendiri berapa juta dollar uang amerika diputar  selama masa recovery irak atas nama budi baik amerika? siapa yang diuntungkan? tentu saja para pelaku bisnis amerika kroni pemerintahan bush.

jelaslah sudah, perang tetaplah perang. yang selalu dilatarbelakangi oleh sifat serakah manusia. yang menjadi korban tetaplah jiwa manusia, bahkan manusia yang tidak berdosa. dan sampai kapanpun perang tetaplah dikutuk oleh manusia waras di manapun. bahkan oleh mereka yang mengaku tidak beragama.

janganlah perkeruh suasana tanah air tercinta ini dengan adanya issue sentimen agama. kembalilah ke keluargamu masing – masing. perjuangkan saja harkat martabat mereka agar hidup berkecukupan atas ridho tuhanmu. negeri ini sudah cukup sengsara akibat ulah para koruptor yang notebene adalah sodara muslim kita juga. ganyang para koruptor itu agar duit rakyat yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat tidak raib ke kantong pribadi.

mau bantu palestina? boleh saja, sisihkan uangmu dan kirimkan melalui badan amal resmi. banyak tuh! jadi nggak usah tereak – tereak mpe suara serak. apalagi sampai menyegel tempat usaha orang, demo bikin macet lalu lintas.

dan mari kita hening sejenak untuk jiwa – jiwa yang tubuhnya telah mati sia – sia…

Iklan