Tag

,

anda pernah mengalami notebook ber windows vista gagal login dan kemudian menampilkan pesan :

“The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded”

pada dasarnya hal ini disebabkan karena windows gagal upload user profile yang melakukan login.  akibatnya user bersangkutan tidak akan bisa menggunakan account nya di normal mode.

kata microsoft hal ini bisa disebabkan karena user menghapus tidak sengaja satu atau beberapa file penting yang terdapat di user profile. atau group policy diset untuk “Do not logon users with temporary profiles“.

tapi aku mengalaminya tidak begitu. setelah notebook wake up dari sleep mode, kemudian full shutdown, trus on kembali, muncul tuh error tadi. jadi ada kemungkinan besar ini akibat bug di vista.

cara mengatasinya cukup gampang, masuk ke safe mode, trus login sebagai administrator atau user yang memiliki hak admin. masuk ke regedit, cari HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentUser\ProfileList\

kemudian cari key yang menunjuk pada profile  anda. caranya coba klik satu key dan lihat profileimagepath dari user profile nya. perhatikan apakah terdapat satu key identik namun memiliki value yang berbeda? satu key diakhir dengan .bak dan key satunya ternyata memiliki profileimagepath ke folder temp. kalo ok, anda rubah key yang tanpa eksistensi .bak dengan tambahan, misal .old dan hilangkan eksisten .bak di key satunya. setelah itu periksa nilai dari state property di key profile anda, ubah ke nilai 0.

reboot mesin anda. dan seharusnya semuanya kembali ke normal.

masalah ini terlihat sepele namun jika terjadi di level corporate, tidak terbayangkan load it helpdesknya.