Tag

, ,

apakah anda pernah menerima email yang isinya teh botol sosro mengandung senyawa berbahaya bernama hydroxylic acid? kalau sudah, bagaimana reaksi anda? mungkin anda akan langsung tahu bahwa ini adalah kebohongan dan hanyalah black campaign terhadap teh botol sosro. atau anda terhenyak karena ternyata anda penggemar berat teh botol sosro? tidak usah bingung, berita itu memang hoax seperti yang sudah dijelaskan oleh pembuatnya sendiri di sini.

pertama kali kutrima email tersebut melalui sebuah milis, langsung kubantah habis dan kujelaskan bahwa pastilah itu hoax. kata kuncinya adalah pada alinea terakhir yang memuat ajakan agar menyebarkan berita ini kepada orang-orang yang disayangi. ini jelas tipikal hoax.

yang kedua, dengan sedikit usaha paman google ternyata memberitahu bahwa senyawa kimia yang diributkan itu, hydroxylic acid, tidak lain adalah air.

memang pada awal-awal aku terima email ini, si designer sinting itu belum membuat posting pengakuan dia. jadi kesimpulan yang kudapat bahwa ini adalah hoax hanyalah berasal dari 2 point di atas.

yang bikin repot adalah aku harus mengulang membuat email sanggahan kepada semua milis yang ku kelola. c spasi d.

menurut si designer sinting, dia hanya melakukan eksperimen dengan pembuatan hoax itu yang dia sebut sebagai hoax marketing. menurut kesimpulannya hoax marketing sangat efektif untuk menebar isu. sebenarnya ini menunjukkan bahwa dia terlalu naive. tanpa sebuah eksperimen pun, para penggiat internet dan internet marketing pasti tahu bahwa penyebaran sebuah hoax akan sangat luar biasa.

sekarang designer sinting sedang sibuk memberikan penjelasan kepada semua pengunjung blognya yang membludak, sebagai buah dari keisengannya. aku berharap saja dia tidak terkena tuntutan dari produsen teh botol sosro.

updated : bantahan datang juga dari manajemen teh botol sosro di sini.

Iklan