Tag

,

bagi sebagian besar pelajar di bumi pertiwi, bulan juni dan juli adalah saatnya berlibur. kalau ada di antara pembaca yang pengen memanfaatkan waktu liburan ini untuk intensif bersepeda dengan melakukan explorasi trek sepeda yang banyak bertebaran di seluruh nusantara ini, aku coba tuangkan sedikit tips aman untuk bersepeda agar kegiatan bersepeda sukses dan menyenangkan. tips aman bersepeda ini tentu saja bersifat umum dan dapat diterapkan oleh semua penggiat sepeda di tanah air.

tips pertama adalah selalu siapkan sepeda sebaik mungkin sebelum terjun ke trek. cek semua komponen bergerak. beri pelumas yang cocok. cek proses perpindahan gigi baik depan maupun belakang. cek tekanan semua ban. bagi yang menggunakan discbrake, pastikan tidak ada kebocoran oli.

tips kedua, bagi yang akan memulai touring atau explorasi trek yang agak extreme,  syarat mutlak adalah menjaga kebugaran tubuh. sangat tidak disarankan untuk melakukan begadang malam sebelumnya. kegiatan bersepeda apalagi dengan kecepatan tinggi dan medan yang sulit memerlukan konsentrasi tinggi yang mustahil didapatkan kalau anda dalam keadaan kurang tidur. ingat bahwa tubuh memerlukan tidur optimal 7 jam sehari.

tips ketiga, siapkan bekal perjalanan. air minum baik di dalam botol ataupun bladder serta makanan ringan yang berkalori tinggi sangat disarankan. beberapa pesepeda kerap membawa buah pisang dan mengkonsumi coklat selama dalam perjalanan. bisa juga membeli calorie/power bar yang banyak di jual di toko sepeda. pengetahuan akan trek yang akan ditempuh adalah mutlak agar kita dapat memperkirakan jumlah bekal yang akan dibawa. kalau anda pemula, jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang lebih senior.

tips keempat, gunakan baju dan peralatan standar bersepeda. helm adalah wajib. kacamata untuk menghindari debu masuk ke mata, sarung tangan untuk memantabkan cengkeraman tangan sekaligus menghindari jari tangan dari kesemutan, sepatu boleh yang ber-cleat maupun tidak, dan terakhir adalah pakaian. gunakan pakaian yang gampang menyerap keringat agar kondisi badan cepat kering serta ukuran yang pas di badan. patut dicatat bahwa kostum (cara berpakaian) antara pesepeda touring, cross country, donwhill, ataupun street/dirtjump itu sangat berbeda satu sama lain. pesepeda street lebih suka menggunakan celana jeans dan t-shirt, pesepeda touring suka menggunakan jersey panjang dan celana olahraga panjang. sedangkan downhiller yang menerapkan tingkat security tertinggi melengkapi diri dengan jersey serta celana panjang atau 3/4 dengan helm fullface serta kacamata google. belum lagi kewajiban menggunakan body armour (body protector). pesepeda cross country, yang memiliki peminat terbanyak rata-rata menggunakan jersey serta celana sepeda pendek dengan helm kategory xc ataupun road. perbedaan ini dikarenakan sifat dari kegiatan bersepeda masing-masing kategori tersebut. jadi akan tidak pas kalau anda melakukan bike to work dengan menggunakan kostum seorang downhiller.

khusus untuk helm, perlu digarisbawahi bahwa peralatan ini wajib alias tidak bisa ditawar. kegiatan bersepeda adalah termasuk olahraga yang memiliki risiko cedera cukup tinggi.  risiko jatuh saat bersepeda, khususnya pada mtb, adalah tergolong tinggi dikarenakan medan yang tidak rata serta penuh rintangan. sudah cukup banyak pesepeda yang merasa terselamatkan saat jatuh dalam kecepatan tinggi karena menggunakan peralatan lengkap, khususnya helm.

tips kelima, pada saat melakukan touring atau crosscountry, disarankan untuk membawa serta ban cadangan serta toolkit yang cukup, termasuk handpump.  kalau cuaca sedang tidak menguntungkan, membawa jas hujan serta pakaian ganti adalah sangat bijaksana. ada jas hujan khusus yang design-nya mempertimbangkan kenyamanan saat bersepeda. jadi dipastikan gerakan kaki dalam mengayuh pedal tidak akan terganggu.

tips keenam adalah berkaitan dengan cara kita bersepeda. pastikan bahwa kaki tidak terlalu menekuk saat mengayuh. sisakan sedikit tekukan pada lutut, jangan terlalu lurus. posisi ini akan meningkatkan efisiensi kayuhan dan tidak membuat cepat lelah. posisi ujung sadel (hidung) adalah sedikit menurun agar tidak menekan perineum untuk memberikan ruang sirkulasi darah. berdirilah di atas pedal setidaknya 10 menit sekali untuk melancarkan peredaran darah pada kaki, perineum, dan panggul. pada saat melewati kontour tanah bergelombang/berbatu, para pengguna hardtail disarankan untuk meredam getaran dengan sedikit berdiri di atas pedal.

tips ketujuh, jangan lupa selalu melakukan perenggangan otot sebelum bersepeda untuk menghindari dari cedera. apabila anda lama tidak bersepeda, mulailah dengan mengayuh ringan untuk mengkondisikan otot-otot selama kurang lebih 10 menit. setelah itu baru set posisi gear sesuai trek.

tips kedelapan, berdoalah sebelum mulai bersepeda. apabila anda melintas di daerah perkampungan, selalu bersikap sopan dan bertegur sapa dengan penduduk asli. ingat anda adalah tamu di tanah mereka.

semoga ke delapan tips di atas berguna bagi semuanya. selamat bersepeda!