Tag

, ,

lama ga nulis, tenggelam dalam kesibukan sehari-hari. kangen juga tuangin isi otak yang sudah lama mengendap. berikut coba kutulis mengenai jenis atau genre sepeda mtb, untuk menjawab pertanyaan para pemula yang sering mampir ke blog ini.  banyaknya jenis mtb ternyata sedikit banyak membuat bingung para newbie ini, darimana akan memulai.  nah silakan membaca.

sebenarnya teknologi sepeda sudah sangat jauh berkembang dibanding pada era tahun 90-an. waktu itu hanya dikenal satu jenis sepeda yaitu sepeda rigid, alias kaku dan keras karena terbuat dari besi. sekarang bisa kamu jumpai beberapa sepeda yang bahkan dulu tidak pernah terpikirkan bentuk ataupun teknologi yang dipakai.

cross country (xc), jika kamu ingin bersepeda naik turun bukit, lewat pematang sawah, melihat pemandangan-pemandangan indah di tengah kebun teh, keluar masuk pemukiman penduduk yang masih asri, dll. jenis mtb cross county inilah yang cocok untuk kamu.

all mountain (am), ini bentuk bersepeda yang lebih menantang dibandingkan xc. naik turun gunung, ngebut di single trek berbatu, loncatin beberapa drop off pendek, rasanya genre am lebih cocok buat kamu. unsur olah raga lebih kental dibanding unsur fun (rekreasi).

free ride (fr),  ini kelas lebih lanjut setelah am. medan yang dihadapi lebih menantang, drop off lebih tinggi, tapi masih suka nanjak juga. kadang dibagi lagi menjadi lite fr dan extreem fr. kalau yang extreem ditandai dengan adanya aksi terbang.

dowhhill (dh), nah ini jenis pesepeda yang anti tanjakan. kegemarannya melahap turunan secepat mungkin. makin cepat sampai ke garis finish di bawah makin ok. olahraga yang sangat memacu adrenalin. tertantang? nah mungkin kamu cocok maen dh.

dirt jump (dj), jenis sepeda dj dipakai buat mereka yang suka aksi terbang. melakukan trik – trik luar biasa saat terbang, atau sekedar melakukan loncat – loncatan dari obstacle di trek bikinan.

nah itu tadi jenis – jenis permainan mtb yang tentu berkaitan erat dengan jeni sepeda mtb yang dipakai. sedangkan artikel tentang perbedaan antara jenis mtb di atas dapat dibaca di sini.

Iklan