Tag

, , ,

jerry bicycle company atau disingkat jbc adalah salah satu produsen sepeda di taiwan yang cukup kondang. didirikan oleh jerry laio tahun 1995. merk dagang yang dibawa oleh pabrikan sepeda taiwan ini adalah jbcpro. saat ini jbc lebih dikenal dengan brand lapierre-nya.

di indonesia versi fulsus jbcpro sudah sering terdengar dan terlihat peredarannya, namun sangat sedikit yang tahu versi hardtail dari jbcpro ini. kebetulan aku punya salah satu versi hardtail, jbcpro elite racing, kalau tidak salah keluaran tahun 2006. berwarna dominan kuning cerah, bergrafis  biru metalik yang sangat serasi.

jbcpro elite racing

jbcpro elite racing

frame jbcpro elite racing ini terbuat dari campuran scandium dan aluminium alloy. campuran antara scandium dan alloy dimaksudkan untuk memperkuat sambungan antar tube dan mengurangi bobot frame.  scandium memiliki karakteristik lebih ringan dari alloy dan tidak terlalu kaku. alhasil bobot frame only size s (cc 20″ dan ct 14.5″) yang kumiliki kurang lebih hanya 1.3kg.

selama kurang lebih satu setengah tahun menggunakan frame ini yang kupadu dengan drivetrain deore mix serta fork magnesium xcr, terasa bahwa memang frame ini sangat cocok untuk xc race.  handing saat menanjak sangat mantab. meskipun begitu pada saat turunan pun, hanya  dengan fork yang murah meriah, handling pada speed 40km/jam masing terasa nyaman. seharusnya masih bisa dikembangkan ke speed lebih tinggi, namun apadaya nyali belum cukup untuk itu.

aku lebih suka menggunakan jbcpro elite racing ini saat ke cihuni dibandingkan dengan giant xtc team. meskipun menggunakan drivetrain yang lebih rendah kelasnya dibanding xtc, ternyata tidak kedodoran saat melahap hill-1 sampai 3. sayang sekali hill-3 cihuni sudah lenyap ditelan pembangunan perumahan, jadi tidak bisa lagi main ke sana.

sepeda ini lebih sering kupakai b2w. selain warnanya yang mirip sepeda edisi b2w, kuning cerah, sehingga lebih terlihat dari kejauhan, juga karena memang lebih bisa leluasa bermain sedikit agresif dibanding saat menggunakan giant xtc. tapi sesungguhnya ini bukan karena alasan teknis, lebih karena masih terlalu sayang abuse si giant. hehe

kesimpulanku, jbcpro elite racing ini merupakan frame hardtail yang cukup worth untuk dimiliki. dengan dipadu groupset yang sekelas minimal slx, niscaya performa frame dijamin tidak akan mengecewakan. sayang sekali, frame ini termasuk langka alias tidak gampang mencari toko yang masih ready stock. aku cukup beruntung memiliki salah satunya.

berminat?