Tag

, , ,

pernah dengar istilah sepeda highend? kalau tidak, pernah melihat atau mendengar sepeda dengan harga puluhan juta rupiah? sepeda highend memang rata – rata berharga puluhan juta rupiah. berapa itu? kisaran harganya sangat lebar, mulai dari 20 juta rupiah ke atas.

lantas apa istimewanya sepeda harga selangit tersebut? apa bedanya dengan sepeda seharga jutaan rupiah? dan untuk siapa sepeda – sepeda tersebut diproduksi dan dijual?

harga sebuah sepeda ditentukan tidak saja dari bahan atau material pembuatannya. yang terpenting justru design dan teknologi pembuatan sepeda itu sendiri. sebagai contoh, materi alloy sebelum menjadi sebuah frame sepeda harus melalui berbagai treatment untuk memberikan nilai tambah. ada yang dikerok sampai tipis, ada yang ditiup, ada yang dilapis atau dicampur dengan logam lain, dsb. semua treatment itu melibatkan teknologi tinggi yang beberapa di antaranya dipergunakan juga dalam pembuatan pesawat antariksa dan mobil formula satu.

contoh kedua, setiap pabrikan sepeda harus berlomba – lomba untuk mengeluarkan design sepeda yang efesien dan aman. efisien dalam pengertian dapat menyalurkan tenaga kayuhan pengendaranya sebanyak mungkin. aman dalam pengertian tidak membahayakan pengendaranya, misalnya frame patah saat dikendarai. research and development ini melibatkan beberapa orang ahli di berbagai bidang dan kadang juga melibatkan atlet/pesepeda profesional yang melegenda.

dari kedua contoh di atas, kita bisa melihat bahwa biaya yang harus dikeluarkan pabrikan sepeda tentu tidak kecil sementara pasar sepeda sendiri tidaklah sebesar mobil atau motor. ini berarti, pabrikan tidak dapat memproduksi dalam jumlah yang ekonomis untuk menutup biaya research dan biaya produksi itu sendiri. itulah sebabnya harga sepeda highend relatif mahal untuk ukuran kantong rata – rata rakyat indonesia.

untuk siapa sepeda highend diproduksi? sepeda – sepeda highend dibuat untuk tujuan penciptaan prestasi atlet atau pesepeda profesional. mereka inilah target market utama.

bagaiaman dengan sepeda murah meriah? sepeda – sepeda low-end tidak melalui proses design yang rumit dan teknologi pembuatan yang canggih. bahkan ada beberapa di antaranya yang menjiplak design sepeda highend namun dengan bahan yang berbeda, atau lebih dikenal dengan istilah sepeda generik.

apakah kita, saya dan anda yang hanya bersepeda untuk sekedar sehat, ber-b2w, atau yang hanya bersepeda di weekend juga mendapatkan manfaatnya apabila menggunakan sepeda highend? manfaat langsung tentu saja tidak, karena kita bukan mengejar prestasi ataupun berprofesi sebagai atlet sepeda. sedangkan manfaat tidak langsung adalah cuma sekedar pengatrol rasa percaya diri dan gengsi pengendaranya.

sebagai penutup, anda yang pemula dalam bersepeda, atau yang hendak membeli sepeda, saran saya belilah sepeda yang sesuai dengan peruntukkan dan tebal kantung anda. jangan terlalu bernafsu membeli sepeda highend meski anda mampu. nikmatilah sepeda baru anda sampai akhirnya anda dapat merasakan betapa menyenangkannya kegiatan bersepeda, khususnya bersepeda di alam terbuka. apabila anda telah melalui proses ini, saya percaya anda akan dengan sendirinya memiliki keinginan untuk melakukan upgrade sepeda lama anda. itu berarti anda telah keracunan, keracunan sepeda! selamat!