Tag

, , ,

anak anda tertarik bersepeda bersama ayahnya? masuk keluar trek tanah (offroad) dengan sesekali melewati trek sedikit berlumpur? hmmm…itu pertanda baik. artinya regenerasi dan pembinaan anda, sebagai orang tua, dalam mengajarkan anak mencintai sepeda sudah berhasil. nah pertanyaannya adalah bagaimana tips mulai mengenalkan anak kita masuk ke trek offroad? ijinkan aku berbagi untuk anda semua.

pertama dan yang terutama, safefty first! anda berdua harus mengenakan helm, sepatu, dan mungkin kacamata. ketiganya adalah peralatan keselamatan yang utama dalam kegiatan bersepeda. kita tidak akan beradu argumen mengenai hal ini. aku pribadi akan dengan sukarela menginvestasikan sekian ratus ribu rupiah untuk peralatan keselamatan daripada kehilangan jutaan rupiah untuk biaya rumah sakit akibat cedera. membeli peralatan keselamatan ibarat membeli polis asuransi. jadi jangan pelit untuk hal yang satu ini.

kedua, mulai biasakan anak anda bersepeda jauh dengan kecepatan tetap di trek on-road. pada jarak yang sama, bersepeda di trek off-road akan menguras energi lebih banyak dibanding bersepeda di trek on-road. penggunaan cyclometer akan sangat membantu. pasang target anda. misalkan untuk hari ini trek on-road 5km dengan avg speed 10km/jam. lalu hari berikutnya tingkatkan speed dengan jarak yang sama. harap dicatat, apabila target hari pertama tidak terpenuhi, jangan paksakan si kecil. belokkan arah, misal ke warung dan beli minuman kesukaannya. biarkan dia menikmati pengalaman pertama bersepeda jauh dengan ayah tercinta. masih ada hari esok yang bisa jadi akan lebih baik.

ketiga. setelah anak terbiasa dengan pola latihan di atas, mulailah mengajak dia untuk mengatur kecepatan genjotan pedal. kadang cepat, bahkan sprint, kadang lambat, atau bahkan berhenti genjot dan membiarkan sepeda meluncur dengan sisa tenaga. latihan ini bermanfaat untuk miningkatkan kekuatan otot-otot kaki, tangan dan pinggang.

keempat. mulailah ajak si kecil masuk ke trek off-road yang paling ringan. selalu ingatkan anak anda untuk fokus pada jalanan di depan. pegang stang (handlebar) pada grip dengan benar. maksudnya benar adalah tidak terlalu keras namun tetap kecil kemungkinan terlepas. sebaiknya pada sesi latihan ini pilih trek off-road yang relatif datar.

kelima, selalu beri semangat anak anda untuk bisa melewati rintangan yang menghadang di depannya. beri contoh bagaimana seharusnya sebuah rintangan dapat dilalui.

keenam, nikmati setiap sesi latihan anda berdua. jangan pernah memaksakan kehendak. ingat bahwa anda tidak sedang mencetak calon atlet. cukup tanamkan kepadanya bahwa olahraga sepeda adalah olah raga yang menyenangkan dan menyehatkan. apabila misi ini berhasil, jangan terkejut jika suatu ketika dia meminta anda untuk menemani masuk trek off-road kesayangan anda.

apabila setiap orang tua di negeri ini memiliki kesadaran bahwa sepedalah satu-satunya alat transportasi yang  murah dan menyenangkan, niscaya jumlah kendaraan bermotor di jalanan sekitar kita akan mulai berkurang, digantikan oleh kereta angin yang ramah lingkungan.

jadi tunggu apalagi? kring kring gowes gowes!