Tag

, ,

setahun terakhir ini trend pencurian sepeda meningkat pesat. kerap terdengar kabar pencurian sepeda dari komunitas pesepeda ibukota. hebatnya maling sekarang lebih memilih mencuri sepeda dibanding motor!

dari pengamatan selama ini, ternyata maling sudah sangat mahir membedakan mana sepeda berharga mahal dan mana yang murah. maka lazim terdengar sepeda dicolong dari garasi padahal di ruangan yang sama tersebut terdapat motor dan mobil.

selain dipetik (dicuri) dari rumah korban, ada juga yang hilang dari parkiran sepeda. biasanya yang beginian korbannya adalah para penggiat dan pelaku b2w. modus pencurian adalah pencuri menyamar sebagai pesepeda, lengkap dengan atribut helm, gloves, serta bercelana pendek. dan selalu saja yang dicuri adalah sepeda dengan merk ternama. beberapa waktu lalu kejadian pencurian sepeda di kawasan perkantoran elit jakarta terekam kamera cctv. jelas terlihat bahwa pencuri telah mempersiapkan diri dengan baik. dengan menggunakan atribut lengkap, pencuri cuma butuh waktu 3menit untuk melumpuhkan rantai sepeda dan membawa kabur. semuanya dilakukan dengan penuh ketenangan.

kini yang menjadi pertanyaan adalah apa langkah kita dalam mengamankan sepeda kita saat ditinggal di parkiran?

gunakan kunci rantai ganda. satu dipasang di roda dan satunya lagi dipasang di frame dengan diikatkan pada tiang parkiran. di parkiran khusus sepeda biasanya ada tiang besi yang bisa dijadikan pegangan. banyak sekali merk dan jenis rantai ini. menurut pengalam teman-teman, jenis rantai baca ulir (terdiri dari serabut baja yang diulir menjadi satu) lebih fleksibel dan susah untuk dipotong. lebih mudah memotong sebuah rantai besi baja dibanding serabut baja.

apabila tidak ada media besi di parkiran yang bisa dijadikan pegangan, trik melepas seatpost juga bisa dipergunakan. jadi setelah memasang rantai pada roda sepeda dengan benar, lepas seatpost dan sadel kemudian masukan tas.

langkah preventif yang baik sebenarnya adalah bekerja sama dengan pengelola parkiran agar mengakomodasikan sistem tiket dan/atau titip ktp. setiap pesepeda yang masuk parkir wajib menitipkan ktp dan kemudian pihak pengelola parkir akan memberikan tiket dengan tulisan nomor/nama di ktp serta jenis sepeda. bisa juga ditambahkan nomor frame. semua frame asli pasti ada nomor frame tercetak di bottom bracket. sistem ini sudah teruji di sebuah gedung perkantoran di jakarta dan efektif meredam pencuri sepeda masuk mencari mangsa.

tips yang bisa dicoba lagi adalah biasakan menempatkan gigi tertinggi sebelum memarkir sepeda. gigi tertinggi artinya gear paling kecil. sehingga bila kita memergoki aksi pencurian,  si pelaku akan kesulitan menggenjot/menggowes dengan akselerasi tinggi. sehingga ada kemungkinan masih terkejar oleh kita.

yang tak kalah pentingnya barangkali adalah membuat polisi mau secara sukarela mengusut tuntas aksi pencurian sepeda yang telah membuat kita pesepeda menjadi resah.

semoga saja aksi ini tidak menyurutkan minat rekan-rekan sebangsa dan setanah air untuk semakin menggalakan gerakan bersepeda.