Tag

, , ,

sabtu, 11-3-2011 lalu, termuat berita di harian poskota tentang 2 orang pesepeda yang dirampok 5 orang penjahat saat melintas di daerah menteng, jakarta pusat. berita ini seolah mengingatkan kita agar senantiasa waspada. saat ini pesepeda sudah menjadi target operasi para penjahat.

tidak saja sepeda yang dirampas, seluruh harta benda yang dibawa oleh dua orang rekan tadi diambil paksa dibawah ancaman clurit dan badik. tidak tanggung-tanggung, ada kamera digital slr, beberapa handpone termasuk blackberry, dan uang tunai. total kerugian ditaksir 25jt rupiah!

lantas apa kira-kira yang bisa kita perbuat agar terhindar dari kemungkinan mendapatkan kemalangan seperti dua kawan kita di atas?

memahami bahwa kejahatan timbul karena adanya kesempatan adalah syarat mutlak. ini berarti bahwa jangan membuat penjahat berpikir bahwa kita layak dijadikan korban.

yang pertama adalah jangan tampil menyolok dengan menggunakan gadget mutahir secara terang-terangan. bawalah gadget yang memang diperlukan. tinggalkan sisanya di rumah. jangan sampai terlihat kamu seperti toko gadget bersepeda.

apabila harus membawa kamera, sangat disarankan untuk membawa hanya kamera saku. jangan menyepelekan kualitas benda kecil bernama pocket digital camera itu. sekarang ini teknologi yang dibenamkan di dalam sebuah gadget mungil itu sudah sedemikian canggih dan tidak kalah dengan digital slr. tapi kalo kamu memang seorang photographer profesional dan harus membawa serta digitial slr, pilihan mode angkutan lain yang lebih aman.

penjahat sekarang sudah pandai memilih mana sepeda mahal mana sepeda murah. oleh karena itu kalau kamu memiliki sepeda mahal dan barangkali belum lunas cicilannya, otomatis kamu harus lebih waspada. kewaspadaan itu sangat diperlukan dan biasanya membawa keselamatan.

jika kamu harus bersepeda sendirian atau bersepeda dengan melewati jalur-jalur relatif sepi, sebaiknya persiapan diri kamu dengan membawa alat proteksi diri. alat pengejut listrik, penyemprot lada/cabe, sampai airsoft gun bisa menjadi alternatif yang cukup efektif. tapi ingat, kecepatan dan ketepatan penggunaan alat itu adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi agar tidak terjadi senjata makan tuan.

terakhir, berdoa sebelum bersepeda dan memohon lindungan NYA adalah wajib.