Tag

, , , ,

kecepatan pertukaran data antar peralatan genggam saat ini memang semakin mencengangkan. dalam sekejap informasi sudah menyebar secara cepat menerobos jarak. tentu saja kita diuntungkan dengan kemajuan teknologi ini. sayangnya, tidak semua informasi yang masuk ke peralatan kita berguna. banyak yang hanya berupa informasi sampah, berita bohong/hoax, atau bahkan fitnah.

pernahkah menerima bbm bertubi-tubi dari beberapa orang di daftar kontak kita namun ketika kita buka, isinya sama dan hanya hoax? menjengkelkan!

coba simak ini :

For your Info  (ngopas) Berita sore dari RCTI. ‎​Kita perlu hati-hati, termasuk para pembantu di rumah:

Seorang wanita menggunakan HP BB nya pada saat memasak di rumah. Secara tiba-tiba, tabung gasnya meledak dan 40% bagian tubuhnya terbakar. Wanita tersebut sudah meninggal dunia siang kemarin. Untuk semuanya agar jangan menggunakan HP BB di dekat kompor gas karena radiasi dari BB bisa membuat gas meledak.

Tolong sebarkan kepada keluarga/teman-teman yang lain. Di buku petunjuk penggunaan BB juga ada pringatan tidak boleh memakai hp di dekat kompor gas. Mari menjaga keselamatan bersama. Banyak hal-hal sepele berakibat fatal disekitar kita.

mari kita buka satu per satu keanehan berita di atas.

pertama, tidak ada link sumber berita seperti diklaim oleh pembuat hoax di atas. dikatakan berita dari stasiun tv rcti, tapi silakan googling apakah ada berita soal ini di situs resmi mereka?

kedua, layaknya berita seharusnya ada detail informasi nama korban, tanggal dan tempat kejadian. kalo benar terjadi, sudah pasti ini akan jadi berita nasional. tidak hanya rcti yang menyiarkannya.

ketiga, benarkah sinyal bb dapat menyebabkan kebakaran? meski ada aturan di dalam buku petunjuk bb, bahwa bb jangan dipergunakan di lokasi yang melarang untuk itu, namun bukan berarti bb bisa memicu kebakaran gas. sampai sejauh ini belum ada bukti keterkaitan bb dengan terbakarnya gas.

meski di spbu dan pengisian bahan bakar gas selalu ada peringatan bahaya penggunaan telepon genggam di area mereka, namun ini lebih untuk berjaga-jaga dan bukan karena sudah terbukti bahwa sinyal telepon genggam bisa menyulut kebakaran.

berhati-hati dan waspada itu penting, namun jangan sampai terjebak ke dalam pengertian yang sempit. selalu gunakan logika dan perbaharui pengetahuan kamu dengan membaca. untuk kasus ini silakan membaca satu referensi penting di sini.

keempat, ini yang terpenting, adalah bagian ajakan untuk turut menyebarkan berita tersebut. ini adalah ciri khas dari sebuah hoax agar mendapatkan efek multiplier dalam kecepatan penyebarannya.

masih mau jadi agen penyebar hoax? pikir dulu deh.