Tag

, , , ,

tahu kan apa yang dimaksud dengan hoax? di negeri asal katanya sono, hoax bisa diterjemahkan dengan kalimat yang sangat panjang. coba cek di sini. dalam bahasa indonesia, hoax bisa dimaknai sebagai pemberitaan palsu. definisi katanya silakan lihat di sini. namanya saja pemberitaan palsu, maka sebagai warga masyarakat yang baik, kita wajib untuk tidak meneruskan hoax itu kepada siapapun.

dulu hoax disebarkan dari mulut ke mulut. bahkan tak jarang dibumbui agar terdengar lebih seru. sekarang hoax menyebar dengan cepat menggunakan media internet yang mampu menembus segala batasan. hoax serasa di genggaman tangan, tinggal menunggu perintah send dari jemari tangan.

internet menggunakan media untuk menyebarkan isinya. media kabel dan nirkabel (tanpa kabel). kedua media tersebut bukan sumber daya yang tak terbatas kapasitasnya. kita mengenalnya dengan istilah bandwidth yang satuan terkecilnya bit/s (bit per second). gampangnya bandwidth adalah kapasitas sebuah media komunikasi (kabel/nirkabel) dalam melewatkan data per detik.

sebagai analogi, jaringan komunikasi data diibaratkan sebagai jalan tol yang menghubungkan antar tempat. layaknya jalan tol, maka harus ada pinto tol yang selain berfungsi untuk menerima pembayaran, sekaligus juga sebagai penyaring kendaraan yang masuk. jangan sampai kendaraan yang tidak memenuhi syarat/peraturan boleh masuk ke sana. kendaraan yang lalu lalang di jalan tol itulah yang disebut data. data mengalir dari satu sumber ke tempat tujuan.

petugas jalan tol harus tegas di dalam mengawasi kendaraan apa saja yang boleh masuk ke jalan tol. contoh paling gampang, motor. dengan alasan apapun motor tidak diperbolehkan masuk ke dalam jalan tol. jika aturan ini dilanggar maka jalan tol akan penuh dan malahan memacetkan lalu lintas. jalan tol selebar apapun, pasti tak akan berdaya jika tanpa aturan main penggunaannya.

ketika kita memaksakan informasi tak berguna, seperti hoax, untuk dikirimkan kepada seseorang atau bahkan sekelompok orang, maka sesungguhnya kita menjejali jalan tol itu dengan aneka ragam kendaraan yang sebenarnya tidak boleh lewat di dalamnya. akibatnya gampang diduga, mampet.

ketika koneksi internet makin lama makin lambat maka yang tersisa adalah umpatan kekesalan dari user, termasuk kita juga. maka tindakan sederhana dengan tidak melakukan pengiriman hoax kepada orang lain sudah sangat membantu membebaskan internet dari hoax. jadilah sebagai petugas tol yang tegas menyaring informasi. pisahkan mana yang berguna, mana yang informasi sampah tak berguna.

yuk, kita bersama-sama singkirkan hoax dari gandget kita.