Tag

, ,

banyak komentar masuk yang menanyakan apakah worth membeli sepeda bekas seharga sekian juta. lantas apa sebenarnya tolok ukur dan tips dalam membeli sepeda bekas? hal – hal apakah yang sebaiknya dipertimbangkan di dalam membeli sepeda bekas?  kucoba tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi dan kawan – kawan sesama penggemar sepeda.

tips pertama,  kumpulkan dulu beberapa informasi ringan seputar dunia sepeda, jangan berangkat dengan kepala kosong. ini namanya nekad dan cenderung bunuh diri.  informasi mengenai jenis sepeda, ukuran, merk lokal, merk impor, sepeda asli atau generik (aspal), adalah beberapa informasi dasar yang bisa sangat membantu anda.

tips kedua, fokus pada kebutuhan anda. jangan terbuai oleh nafsu, kecuali jika anda tipikal pemburu yang hanya senang membeli tapi tidak suka menaiki, alias kolektor. untuk kalangan kolektor, uang bukan masalah, asal barang terlihat menarik dan langka, berapapun dan kondisi apapun akan tetap dibeli.

tips ketiga, tahu status penjual. maksudnya anda hendak bertransaksi dengan seorang pedagang atau seorang end-user yang berniat menjual sepeda kesayangannya karena berbagai alasan. sangat jarang anda mendapatkan harga bagus dari seorang pedagang. biasanya mereka pelit memberikan diskon. kebalikannya dengan seorang pengguna (end-user) yang hendak melepas sepedanya, biasanya akan lebih luwes memberikan harga.

tips keempat, tahu riwayat sepeda dan pemiliknya. maksudnya, agar kita bisa mengetahui tipikal dari pemilik sebelumnya. apakah senang memperlakukan sepeda secara serampangan (abused) di trek yang bukan peruntukkan sepedanya, misalnya sepeda xc tapi sering dipakai belajar dirtjump atau bahkan downhill. ataukah pemilik sangat sayang dengan sepedanya dan memperlakukan sepeda layaknya seorang kekasih.  mana ada sih orang yang tega ‘memperkosa’ kekasih hatinya? intinya, anda harus cermat memeriksa kondisi sepeda sebelum melakukan penawaran harga.

tips kelima, cobalah (test drive) sebelum memutuskan membeli. ini berkaitan dengan geometri sepeda. jangan sampai anda membeli sepeda yang sebenarnya secara geometri tidak cocok dengan postur tubuh anda. bagaimana mengetahuinya? cobalah kendarai beberapa menit. syukur kalau pemiliknya mengijinkan anda melakukan test drive di trek sepeda terdekat. apabila anda merasa nyaman, dalam arti tidak ada kelelahan di beberapa titik tubuh anda, misal lutut, otot panggul, daerah pantat, pergelangan tangan, dan punggung, itu berarti secara geometri sepeda tersebut cocok buat anda.

tips keenam, bicarakan kemungkinan adanya jaminan dari penjual. jaminan dalam pengertian bahwa apa yang sudah dikatakan oleh penjual adalah benar adanya. misalnya dikatakan bahwa semua parts adalah deore, tapi begitu dicek di bengkel sepeda ketahuan bahwa ternyata bukan deore namun alivio.

tips ketujuh, apabila anda bertransaksi dengan pedagang, cari tau profile pedagang bersangkutan di komunitas sepeda terdekat untuk mendapatkan informasi kemungkinan si pedagang telah masuk blakclist/bad seller.

tips kedelapan, bergabung dengan forum atau komunitas pesepeda baik online maupun offline. meskipun anda seorang pemula, jangan sungkan untuk mengutarakan niat anda untuk bergabung.

dari ke delapan tips tersebut boleh dikatakan bahwa sebaiknya jangan membeli sepeda bekas secara online, apalagi jika anda pemula. transaksi online hanya bisa dibenarkan jika antara penjual dan calon pembeli telah sama-sama menyepakati komitmen bersama untuk memajukan persepedaan khususnya di tanah air tercinta ini.  dan biasanya penjual macam begini banyak dikenal melalui mailing list maupun forum yang tersebar di tanah air.

nah selamat berburu sepeda bekas!

Iklan